Perlu Kesadaran Umat untuk Tumbuhkan Ekonomi Islam

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Lindah

Gedung Pascasarjana, UIN Online – Umat Islam perlu meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya penerapan ekonomi Islam di Indonesia, agar kondisi perekonomian Indonesia semakin membaik. Hal itu diungkapkan Adel Muhamed Abdel Meguid, mahasiswa Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta, dalam sidang tesis yang berjudul Strategiat Al-mushorif Al-islamiah Fiil Muhagahad Al-adzama’at Al-maliyyah 2008 di Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN, Sabtu (9/10).

 

Kesadaran umat penting, sebab pada dasarnya ekonomi Islam sangat bagus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Jika ada yang belum mengerti tentang konsep ekonomi dalam islam maka langkahnya yaitu memberikan pengertian kepada masyarakat luas betapa bagusnya konsep ekonomi dalam Islam,” kata Adel.

Adel menjelaskan, akibat tidak diterapkannya ekonomi Islam, krisis ekonomi yang terjadi pada 2008 hingga kini belum selesai. Karena itu mahasiswa muslim mestinya berperan aktif menumbukan kesadaran umat. Kesadaran akan pentingnya konsep-konsep Islam untuk kesejahteraan dan untuk meraih keuntungan bersama.

Adel berharap agar umat muslim seyogyanya menumbuhkan kesadaran dari sekarang dan sama-sama mengajak guna memperbaiki kualitas ditatanan kehidupan dengan menggunakan konsep ekonomi Islam.

“Ini merupakan langkah awal dan tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kualitas ekonomi dengan konsep Islam. Insya Allah, setelah ini saya akan melanjutkan studi S3 di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” tandas mahasiswa yang juga Financial Manager itu. []