Gedung Rektorat, BERITA UIN Online— UIN Jakarta berhasil menempati ranking tertinggi dalam pemeringkatan UniRank atau sebelumnya dikenal 4 International Colleges & Universities (4ICU). Selain itu, UIN Jakarta juga berhasil duduk dalam urutan kompetetif di antara urutan berbagai perguruan tinggi nasional terkemuka yang diperingkat salah satu lembaga pemeringkat populer saat ini.

Dalam ranking perguruan tinggi yang dirilis http://www.4icu.org/id/ per Juli 2017, UniRank menempatkan UIN Jakarta pada posisi 13 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Posisi ini menempatkan UIN Jakarta sebagai PTKIN terbaik dari berbagai PTKIN yang baru masuk dalam perankingan di urutan 35 besar.

Selain itu, dengan menempati di urutan 13 besar, UIN Jakarta bersaing ketat dengan berbagai perguruan tinggi terkemuka nasional seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (15), Universitas Jenderal Soedirman (21), Universitas Andalas (26), dan Universitas Hasanuddin (29). Ranking UIN Jakarta hanya di bawah Institut Teknologi Bandung (7), Universitas Indonesia (2), dan Universitas Gadjah Mada (1).

Menurut laman resmi 4ICU, alasan dasar penempatan UIN Jakarta pada posisi 13 besar adalah tingginya tingkat minat pendaftaran masuk (enrollment rank) para calon mahasiswa. Dalam catatan 4ICU, tingkat enrollment rank UIN Jakarta mencapai kisaran 15.000-19.999 orang mahasiswa.

Diketahui, 4ICU merupakan salah satu direktori pemeringkatan perguruan tinggi dunia yang me-review 13.000 perguruan tinggi (university dan college) terakreditasi di 200 negara dengan merujuk pada popularitas web mereka. Tujuan pemeringkatan sendiri adalah memberikan perkiraan peringkat popularitas perguruan tinggi dan kolese dunia berdasarkan popularitas situs web mereka yang dinilai dari popularitas lalu lintas.

Peringkat universitas versi UniRank saat ini didasarkan pada algoritma termasuk 5 metrik web yang tidak bias dan independen dari Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, Majestic Referring Domain, Majestic Trust Flow. (farah nh/yuni nurkamaliah/zm)

Share This