Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat, akan bekerja sama dengan UIN Jakarta dalam bidang pengembangan sumber daya manusia. Kerja sama di antaranya dilakukan dalam bentuk pemberian beasiswa kepada para calon mahasiswa asal Sijunjung untuk kuliah di UIN Jakarta.

Bupati Kabupaten Sijunjung, Drs Yuswir Arifin Datuak Indo Marajo, mengatakan, kerja sama dalam bidang pengembangan sumber daya manusia dengan UIN Jakarta dilakukan mengingat banyaknya calon mahasiswa yang berprestasi di daerahnya namun kurang mampu secara ekonomi. Mereka berasal dari lulusan sekolah umum maupun madrasah dan pesantren yang tersebar di wilayah Kabupaten Sinjunjung.

“Anak-anak kami banyak yang bingung mau kuliah di mana setelah lulus sekolah. Karena itu kami perlu membantu untuk memfasilitasi dengan menyekolahkan mereka melalui skema beasiswa,” kata Bupati Yuswir seusai bertemu dengan Rektor UIN Jakarta di Gedung Rektorat, Selasa (5/12/2017).

Kunjungan Bupati Yuswir ke UIN Jakarta itu didampingi Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Febrizal Ansyori. Sedangkan Rektor UIN Jakarta didampingi Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Prof Dr Murodi, Dekan Fakultas Ushuluddin Prof Dr Masri Mansoer, dan Kepala Bagian Kerja Sama Drs Zulkifli.

Yuswir berharap kerja sama yang akan dilakukan dengan UIN Jakarta dapat berjalan lancar. Seusai bertemu Rektor, pihaknya akan segera mempelajari draf kerja sama yang dibuat pihak UIN Jakarta atau sebaliknya. Setidaknya kerja sama antara Pemkab Sijunjung dan UIN Jakarta merupakan kerja sama yang saling menguntungkan.

Menurut Yuswir, dipilihnya UIN Jakarta sebagai tujuan pendidikan tingkat lanjut bagi para calon mahasiswa asal Sijunjung karena perguruan tinggi Islam tersebut dinilai telah maju dan memiliki pengalaman pendidikan yang baik di Indonesia dan bahkan di tingkat internasional. Oleh karena itu dalam kerja sama yang pertama kalinya akan dilakukan ini memiliki nilai tambah sendiri bagi masyarakat Sijunjung maupun pemerintah daerah.

“Skema panganggaran untuk pemberian beasiswa tersebut akan diambil dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah. Soal berapa jumlah peserta didiknya yang akan dirikim itu soal nanti. Kita sedang pelajari dulu,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Prof Dr Dede Rosyada menyampaikan terima kasih atas inisiatif diadakannua kerja sama antara UIN Jakarta dan Pemkab Sijunjung. Kerja sama diharapkan akan berdampak bagi kemajuan wilayah, terutama peningkatan sumber daya manusianya. Untuk itu ia meminta kepada Pemkab Sijunjung untuk mempelajari draf kerja sama (memorandum of understanding) yang akan dibuat bersama-sama.

“Kami menyambut baik atas rencana kerja sama ini dan kami berharap dapat berjalan lancar,” katanya. (ns)