Jalur masuk melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN PTKIN, secara resmi ditutup pada, Jumat (07/04). Jalur SPAN PTKIN merupakan seleksi nasional masuk PTKIN (UIN/IAIN/STAIN) se-Indonesia yang dilakukan secara serentak.

Rektorat, BERITA UIN Online— Jalur masuk melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri atau SPAN PTKIN, secara resmi ditutup pada, Jumat (07/04). Jalur SPAN PTKIN merupakan seleksi nasional masuk PTKIN (UIN/IAIN/STAIN) se-Indonesia yang dilakukan secara serentak.

Seleksi ini mengandalkan kemampuan dan prestasi akademik (bukan ujian tulis) siswa dari nilai rapor serta prestasi lainnya, baik dari lulusan madrasah maupun sekolah umum.

Dari data yang diperoleh BERITA UIN tercatat, sampai pada hari terakhir jalur pendaftaran melalui SPAN PTKIN 2017, jumlah peminat mencapai 62.074 orang pendaftar.

Menurut Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja Sama Drs Zaenal Arifin MPdI kepada BERITA UIN Online, Jumat (07/04), di ruang kerjanya mengatakan, jumlah kuota UIN Jakarta pada jalur SPAN PTKIN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, yaitu di kisaran 1.600. Jumlah kursi tersebut tersebar di 30 program studi di fakultas keagamaan dan dua di antaranya di fakultas umum, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

“Ada juga beberapa program studi tadris di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, tapi tetap kita masukkan ke dalam program studi keagamaan,” kata Zaenal.

Seperti yang telah diwartakan sebelumnya, ketersediaan kuota kursi pada seleksi masuk UIN Jakarta jalur SPAN PTKIN adalah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (10 program studi), Fakultas Adab dan Humaniora (3 program studi), Falultas Syariah dan Hukum (5 program studi), Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (4 program studi).

Selanjutnya Fakultas Dirasat Islamiyah (1 program studi), serta Fakultas Ekonomi dan Bisnis (2 program studi).

Masih dari data yang sama, Program Studi Perbankan Syariah masih mendudukan posisi terbanyak pendaftar SPAN PTKIN 2017, sebanyak 9.040 pendaftar. Selanjutnya, disusul Ekonomi Syariah dengan jumlah pendaftar sebanyak 7.033 orang pendaftar. (lrf)

 

Share This