Pemilu Calon Presiden AS di UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Reporter: Fauziah Mursid

Gedung Perpustakaan Utama, BERITA UIN Online – Pemilihan Umum (Pemilu) untuk memilih presiden Amerika yang digelar hari ini menjadi berita yang ditunggu-tunggu masyarakat di dunia. Tak hanya di Amerika , kemeriahan Pemilu  yang memperebutkan kursi presiden di Amerika antara Barack Obama dan Mitt Romney ini turut pula dirasakan di UIN Jakarta. Hal itu yang muncul dalam acara Presentasi dan Diskusi bertema “U.S Election Programs” yang digelar di American Corner UIN Jakarta, Gedung Perpustakaan Utama lantai dua, Rabu (7/10). Acara tersebut dibuka oleh Direktur American Corner Amrullah Hasbana pukul 08.00 WIB dengan pembicara dari Vice Consul U.S Embassy Jakarta, Tania J Romanoff.

Dalam kesempatan itu Tania mempresentasikan kepada audien mengenai sistem dan proses pemilu di Amerika. Menurut ia pemilihan di Amerika hanya terdapat dua partai yakni partai Republik dan partai Demokrat. Selain itu proses pemilu di Amerika terbagi menjadi dua tahap yakni Primary Elections (Pemilihan Pendahuluan) dan General Elections (Pemilihan Umum). “Primary Elections digelar selama 6 bulan dari bulan Januari hingga Juni, sedangkan General Elections berlangsung pada bulan November,” ungkap Tania. Pada kesempatan itu Tania juga mengajak audiens yakni mahasiswa untuk mensimulasikan pemilu Amerika sesuai versi mahasiswa.

Selain diskusi mengenai pemilu di Amerika, juga diadakan videoconference dengan American Corner Universitas Sumatera Utara, American Corner IAIN Sumatera Utara, dan pusat kebudayaan @amerika yang bertempat di Mal Pacific Place. Pada videoconference tersebut UIN Jakarta diwakili oleh Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA yang menyapa American Corner di universitas lain.

Acara presentasi dan diskusi bertema “U.S. Elections” ini telah beberapa kali diselenggarakan oleh American Corner UIN Jakarta. Adapun hari ini adalah puncak dari acara untuk mengawal jalannya pemilu Amerika. Ditengah diskusi juga audien diajak untuk mengikuti hasil real time pemilu Amerika dari situs berita CNN. Sampai pada akhir acara pukul 12.00 WIB akhirnya diketahui hasilnya bahwa Barack Obama kembali terpilih menjadi presiden Amerika.