Sejumlah peserta saat mengikuti seleksi masuk UIN Jakarta di gedung Auditorium Harun Nasution, Sabtu (10/6/2017).

Rektorat, BERITA UIN Online—Meski lalu lintas Jl. Ir. H. Juanda Ciputat, Tangerang Selatan dan sekitarnya padat dan macet, pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahaiswa Baru (SPMB) Mandiri 2017 UIN Jakarta pada hari pertama, Sabtu (10/06) berlangsung tertib, lancar, dan aman.

Kondisi  lalu-lintas seperti itu, membuat beberapa peserta terlambat hadir tepat waktu di lokasi ujian. Meski demikian, panitia memberikan dispensasi kepada mereka yang terlambat untuk mengerjakan naskah ujian, tanpa tambahan waktu.

“Karena hari pertama, kita kasih waktu untuk mengerjakan. Tapi tetap tidak ada tambahan waktu,” ujar Wakil Penanggungjawab Lokasi (WPJL) di Auditorium Harun Nasution Drs Nanang Syaikhu, kepada tim BERITA UIN Online di Posko Ujian Auditorium Harun Nasution.

“Akan tetapi secara umum pelaksanaan ujian Mandiri UIN Jakarta 2017 berjlan dengan lancar, tertib, dan aman,” tambah Nanang.

Dari pantauan BERITA UIN Online terlihat, sejak pukul 05.00 WIB ribuan peserta SPMB Mandiri 2017 berbondong-bondong menuju lokasi tempat ujian. Selain para peserta ujian, lokasi-lokasi ujian yang tersedia di Kampus I, II, dan III penuh sesak dipadati para pengantar dan wali (orang tua).

Ditemukan sejumlah peserta yang terlambat, terdapat pula peserta yang bingung dan salah lokasi. Hal ini dikarenakan dirinya belum melakukan survey lokasi sebagaimana yang disarankan pihak panitia SPMB Mandiri UIN Jakarta.

Di tempat terpisah, Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Publikasi Feni Arifiani MH mengatakan, pada SPMB kali ini tidak ditemukan praktik joki atau kebocoran soal. Untuk kepentingan itu, panitia sejak awal persiapan pelaksanaan memang telah meminimalisir segala kemungkinan yang terjadi.

“Alhamdulillah SPMB Mandiri 2017 berjalan lancar. Hal ini karena seluruh sivitas akademik UIN Jakarta terlibat langsung, dan dilakukan pengarahan sebelumnya secara gamblang oleh pimpinan,” ujar Feni di ruang kerjanya Ahad (11/06).

Ditambahkannya, bahwa di setiap pelaksanaan SPMB Mandiri, tidak hanya melibatkan karyawan, dan dosen, akan tetapi pimpinan pun turut memantau jalannya ujian, sekaligus mengevaluasi jalannya ujian agar tahun-tahun berikutnya menjadi lebih baik.(lrf)

 

Share This