Pelaksanaan SPMB Mandiri 2013 Berlangsung Tertib

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online—Meski lalu lintas Jl. Ir. H. Juanda Ciputat, Tangerang Selatan dan sekitarnya padat dan macet, pelaksanaan Seleksi Penerimaan Mahaiswa Baru (SPMB) Mandiri 2013 UIN Jakarta pada hari pertama, Rabu (3/07/2013) berlangsung tertib, lancar, dan aman.

Kondisi  lalu-lintas padat dan macet itu pula yang membuat sejumlah peserta terlambat hadir tepat waktu di lokasi ujian. Meski demikian, panitia memberikan dispensasi kepada mereka yang terlambat untuk mengerjakan naskah ujian, tanpa tambahan waktu.

“Karena hari pertama, kita kasih waktu untuk mengerjakan. Untuk hari kedua, tidak boleh,” ujar Penangjawab Lokasi (PJL) Madrasah Pembangunan (MP) Encep Dimyathi, SAg., MA, di Posko Ujian MP.

Sejak pukul 05.30 WIB ribuan peserta SPMB Mandiri 2013 berbondong-bondong menuju lokasi tempat ujian. Selain para peserta ujian, lokasi-lokasi ujian yang tersedia di Kampus I dan II penuh sesak dipadati para pengantar dan wali (orang tua).

Pantauan BERITA UIN, selain ditemukan sejumlah peserta yang terlambat, dietmukan pula peserta yang bingung dan salah lokasi. Bahkan, ada peserta yang seharusnya ujian di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) ia malah datang ke Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution.

Laporan reporter BERITA UIN di beberapa lokasi menyebutkan, pelaksanaan SPMB 2013 sangat bagus. “Tidak ada keluhan dari peserta.  Peserta ujian dapat mengerjakan dengan nyaman, ” kata M. Furqon, reporter BERITA UIN yang turut menjadi pengawas di Sekolah Pascasarjana (SPs).

Ia menambahkan, pada SPMB kali ini tidak ditemukan praktik joki atau kebocoran soal. Untuk kepentingan itu, panitia sejak awal persiapan pelaksanaan memang telah meminimalisir segala kemungkinan yang terjadi.

Pada SPMB Mandiri 2013 seluruh sivitas akademik UIN Jakarta terlibat langsung. Selain pimpinan, karyawan, dan dosen, para mahasiswa juga terlibat dalam kegiatan ini sebagai pengawas ruang. (D. Antariksa/Saifudin)