Gedung Rektorat, BERITA UIN Online—Stan Publikasi dan Dokumentasi (Pubdok) pada Education Expo UIN 2018 yang digelar di halaman gedung Rektorat, Senin-Selasa (26-27/02), ramai dipadati pengunjung. Mereka adalah para pelajar tingkat SLTA di wilayah Jakarta, Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi.

Para pelajar yang rata-rata kelas 12 itu sengaja datang ke tempat pameran untuk mencari informasi mengenai penerimaan mahasiswa baru UIN Jakarta. Mereka tak hanya dari lingkungan madrasah tetapi juga sekolah umum, baik negeri maupun swasta.

Stan Pubdok memang menjadi garda depan bagi para pengunjung yang ingin memperoleh informasi mengenai pendidikan di UIN Jakarta. Di stan ini para petugas tak hanya memberikan informasi terkait penerimaan mahasiwa baru yang dibuka melalui beberapa jalur masuk, tetapi juga menjadi tempat konsultasi gratis mengenai jurusan-jurusan yang akan dipilih oleh para calon mahasiswa.

“Ya kita juga memberikan konsultasi gratis agar calon mahasiswa tepat memilih jurusan sesuai minat dan kemampuannya,” ujar Firdah, petugas penjaga stan.

Ika Mudrika, pelajar kelas 12 dari Madrasah Aliyah Saadatuddarain, Mampang, Jakarta Selatan, saat berkunjung ke stan Pubdok mengatakan, ia dan beberapa temannya mengaku sangat antusias masuk UIN Jakarta. Selain jarak yang dekat, UIN Jakarta banyak menawarkan program studi pilihan yang berasal dari jurusan yang diambilnya.

“Saya ingin memilih Jurusan Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi” ujarnya dengan wajah optimistis. Untuk dapat diterima sebagai mahasiswa UIN Jakarta, Ika mengaku akan berjuang sekeras mungkin dengan tekun belajar.

“Mudah-mudahan saya diterima,” lanjutanya.

Hal yang sama yang dikemukakan rekan satu sekolahnya, Safitriani, pelajar kelas 12 dari sekolah yang sama. Fitri mengaku berminat masuk Jurusan Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Humaniora. Baik Ika maupun Fitri, keduanya sangat berharap dapat diterima di UIN Jakarta.

“Bukan karena saya dari madrasah aliyah, tetapi UIN Jakarta memang sudah lama menjadi tujuan saya melanjutkan kuliah,” kata Fitri.

Pameran UIN Jakarta untuk kesekian kalinya ini digelar dalam rangka menyambut datangnya musim penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. Peserta pameran terdiri atas berbagai fakultas dan lembaga di UIN Jakarta serta unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) tingkat universitas. Pameran yang dibuka oleh Rektor Prof Dr Dede Rosyada itu juga diikuti oleh beberapa mitra UIN Jakarta. (lrf)