Depok, BERITA UIN Online— UIN Jakarta terus menjadi pilihan siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Jabodetabek dalam melanjutkan pendidikan tinggi. Selain kurikulum keilmuan-keislaman, biaya pendidikan terjangkau, akreditasi dan status negeri juga jadi alasan mereka memilih UIN Jakarta.

Ketertarikan demikian terlihat ketika ratusan siswa menyerbu stand informasi perkuliahan di Pameran Pendidikan Tinggi Negeri se-Jabodetabek yang digelar di Gedung Balairung UI, Depok, Sabtu (14/4/2018). Dalam kegiatan ini, UIN Jakarta turut mempresentasikan profil UIN Jakarta, jalur seleksi, fakultas dan program studi, kegiatan perkuliahan, hingga biaya kuliah.

Annisa Prabowo, Siswi MAN 4 Jakarta misalnya, mengaku tertarik mendaftar kuliah ke UIN Jakarta. Annisa yang ingin melanjutkan pendidikan di Prodi Akuntansi mengaku tertarik masuk FEB UIN Jakarta karena prodi Akuntansi yang ditawarkannya sudah berakreditasi A.

“Saya kira, Prodi Akuntansi UIN Jakarta juga bagus. Insya Allah saya akan mendaftar kuliah ke sana,” katanya.

Ilham Maulana, Siswa SMK swasta di Bekasi juga tertarik melanjutkan pendidikan tinggi ke UIN Jakarta. Keinginannya bekerja bidang teknik jaringan bersambung dengan Prodi Sistem Informasi yang ditawarkan di Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta.

Selain akreditasi A, biaya kuliah dalam skema uang kuliah tunggal yang dibayarkan sesuai rasio kemampuan mahasiswa menjadi alasan Ilham berkeinginan kuliah di UIN Jakarta. “Kalau di universitas lain, meski negeri, kadang beda jalur masuk, beda juga biaya kuliahnya,” katanya.

Nanny Mayasari, lain lagi. Siswi MA Daarul ‘Ulum, Bogor, ini tertarik melanjutkan kuliah ke UIN Jakarta dengan menempuh studi di Prodi Pendidikan Kimia. Ia sendiri bercita-cita menjadi guru kimia.

Selain akreditasi, status negeri, dan akreditasi, pilihan kuliah Nanny ke UIN Jakarta karena pada saat yang sama ia memperdalam pengetahuan keislaman. “Selain kuliah, nanti saya ingin mondok. Jadi kuliah dapat, nyantri juga dapat,” paparnya.

Di tempat yang sama, Kasubbag Administrasi Akademik, Bagian Akademik, UIN Jakarta, Dra. Riniwati mengatakan, UIN Jakarta terus menjadi pilihan para siswa se-Jabodetabek maupun berbagai sekolah di daerah lain. Kurikulum, kualitas pengajaran, dan akreditasi Prodi menjadi alasan mereka memilih kuliah di UIN Jakarta.

“Ini juga mencerminkan besarnya ekspektasi masyarakat terhadap pendidikan yang ditawarkan UIN Jakarta,” pungkasnya. (yuni nk/farah nh/zm)