Pekan Depan, UIN Jakarta Gelar OPAK

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Panitia OPAK Fakultas Sains dan Teknologi tengah menunggu pendaftaran kepesertaan OPAK para mahasiswa baru, Rabu (18/08/2015).

Panitia OPAK Fakultas Sains dan Teknologi tengah menunggu pendaftaran kepesertaan OPAK para mahasiswa baru, Rabu (18/08/2015).

Rg. Kemahasiswaan, BERITA UIN Online— UIN Jakarta bakal menyelenggarakan kegiatan Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) kepada mahasiswa-mahasiswi baru tahun akademik 2015/2016 sepanjang Selasa-Jumat (23-26/08/2015). Total 5500 mahasiswa baru bakal mengikuti kegiatan tersebut.

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Dr Yusron Razak MA kepada BERITA UIN Online, Jum’at (21/08). “Melalui OPAK, kita berharap para mahasiswa baru bisa mengenal lebih dekat lingkungan akademik mereka sendiri,” harapnya.

Kegiatan OPAK, sambung Guru Besar Antropologi Agama ini, diselenggarakan dengan penekanan UIN Jakarta sebagai lembaga keilmuan sekaligus keislaman dan kebangsaan. Dengan tekanan ini, para mahasiswa baru diharapkan mendapat informasi awal bahwa selain keilmuan, belajar di UIN Jakarta juga dilakukan dengan semangat keislaman sekaligus cinta tanah air.

Data salinan kegiatan OPAK mencatat, kegiatan OPAK berlangsung selama lima hari, Selasa-Jumat (23-26 Agustus 2015). Pada hari Senin dan Selasa (24-25/08) diagendakan pengenalan institusi seperti Bagian Akademik Pusat, Perpustakaan, Pustipanda dan Pusat Bahasa. Selanjutnya di hari Rabu-Jumat (26-28/08) diisi dengan pengenalan lembaga kemahasiswaan (Dema, Sema, dan UKM), termasuk pengenalan fakultas masing-masing.

Lebih lanjut, Yusron juga meminta para panitia OPAK menghindari pengenalan almamater berbau perpeloncoan. Ia berharap, pengenalan dilakukan dengan pendekatan humanis dan menyenangkan.

“Selain harus menghindari bullying dan perpeloncoan, kita minta panitia tidak membuat atribut berlebihan selain yang sudah ditentukan panitia pusat, yaitu selempang yang warnanya sesuai dengan fakultas masing-masing,” tandasnya.

Ketua Dewan Mahasiswa UIN Jakarta Muhammad Ulum menambahkan, kegiatan dengan tema ‘Membangun Mahasiswa yang Cerdas dan Berkarakter’ diharapkan berjalan lancar. “Dengan begitu, sesuai temanya, kegiatan bisa mendorong mahasiswa baru tumbuh sebagai insan akademis yang cerdas dan peduli sekitar,” katanya.

Sementara itu, Pengurus Senat Mahasiswa (SEMA) UIN Jakarta, Mentari Faradiba menghimbau para mahasiswa baru bisa memberikan informasi pengaduan bila ditemukan masalah terkait kegiatan OPAK. Pengaduan bisa disampaikan secara online dengan mengakses bit.ly/laporGan, pesan aduan melalui SMS Center ke 081362109104/083807534442, atau melaui twitter @semauinjkt.

“Adapun panduan kegiatan OPAK secara keseluruhan, bisa dibaca dalam Pedoman OPAK yang akan dibagikan di fakultas masing-masing,” tambahnya. (TAM)