Pejabat Tinggi dan Ulama Thailand Kunjungi UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

RSU, BERITA UIN Online– UIN Jakarta menerima kunjungan delegasi The Southern Border Provinces Administration Centre (SBPAC) Thailand. SBPAC adalah perhimpunan lima provinsi di kawasan Thailand Selatan, yaitu Pattani, Yala, Narathiwat, Songkhla, dan Satun.

Delegasi yang tiba di UIN Jakarta pukul 15.30 WIB ini, dipimpin langsung Sekretaris Jenderal SBPAC H.E.Pol.Col. Tawee Sodsong. Selain para pejabat tinggi negara, 18 ulama dan tokoh umat Islam dari lima provinsi itu juga turut hadir dalam acara tersebut.

Delegasi diterima langsung Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung Rektorat, Sabtu (6/4/2013). Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Moh Matsna HS MA, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Lembaga dan Kerjasama Dr Jamhari, Direktur International Office Dr Yenni Ratna Yuningsih, dan beberapa pejabat lain dari Kementerian Agama (Kemenag) juga turut menjamu delegasi.

Rektor dalam sambutannya menjelaskan, UIN Jakarta ini didirikan untuk melanjutkan tradisi keilmuan yang telah dirintis para ulama. “Kita ingin mengembangkan tradisi ulama di sini,” ujarnya.

Sebelum menjadi universitas, lanjutnya, UIN Jakarta (dulu IAIN) hanya dikenal sebagai pendidikan tinggi Islam yang melahirkan tokoh agama saja. “Kita bangun menjadi universitas, ini untuk mengembangkan intelektualitas bangsa Indonesia dalam berbagai hal. Kita ingin melahirkan teknokrat, tokoh agama, ilmuan, dan lain-lainya dari sini,” paparnya.

Sementara Sodsoong menjelaskan, kehadiran delegasinya ke UIN Jakarta untuk mendapatkan penjelasan dan informasi berbagai hal tentang kerukunan hidup beragama di Indonesia. “Kami ucapkan terima kasih kepada UIN Jakarta yang telah menerima kami,” katanya.

Dalam kesempatan itu, sejumlah delegasi Thailand menanyakan tentang fakultas-fakultas di UIN Jakarta, Pancasila bagi bangsa Indonesia, urusan umat beragama, dan lain-lainnya.

Selesai dialog, Sadsoong dan rombongan mengunjungi beberapa fasilitas UIN Jakarta, antara lain masjid dan student center.

Sigit Setitono SS dari Biro Hukum dan Luar Negeri mengatakan, kunjungan delegasi Thailand ke Indonesia ini dalam rangka penjajakan kerjasama dalam berbagai bidang seperti pembangunan agama, pendidikan, haji, ekonomi, sosial, dan kebudayaan.

“Nota Kesepahamannya sedang disiapkan. Untuk implementasinya nanti UIN Jakarta dan universitas sana yang menindaklanjuti,” paparnya. (D Antariksa/Saifudin)