Aula Madya, BERITA UIN Online—Rumah Sakit UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggelar kegiatan vaksinasi Difteri bagi seluruh mahasiswa yang berusia tidak lebih dari 19 tahun. Pemberian vaksin tersebut dilaksanakan pada, Kamis (11/01), bertempat di Aula Madya kampus I UIN Jakarta.

Kegiatan yang terlaksana berkat kerjasama RS UIN Jakarta dan Dinas Kesehatan Tangerang Selatan ini, menyediakan empat ribu vaksin sesuai dengan data mahasiswa yang berusia maksimal 19 tahun.

Kepada tim BERITA UIN Online, kordinator utusan RS UIN Jakarta, dr Mala Hayati mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian RS UIN Jakarta terhadap kesehatan para mahasiswanya. Lebih khusus lagi, dalam upaya mencegah penyebaran virus Difteri yang tengah mewabah.

“Kegiatan ini merupakan salah satu imunisasi masal (Outbreak Response Imunization) Difteri yang diselenggarakan atas inisiasi RS UIN Jakarta sesuai dari intruksi pemerintah dan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Tangerang Selatan,” pukas Mala.

Masih menurutnya, kuota yang disediakan bagi mahasiswa tidak kurang dari 4000 orang. Akan tetapi, mengingat proses belajar mengajar di kampus masih dalam suasana libur, maka pemberian vaknisasi akan digelar kembali saat pembelajaran sudah dimulai.

Lebih dari itu, Dokter Mala juga memberikan gambaran umum tentang virus yang kini tengah mewabah, yaitu Difteri. Mala menjelaskan, bahwa gejala Difteri tidak jauh berbeda dengan penyakit radang.

“Penderita akan merasakan sakit yang luar biasa di tenggorokan, demam tinggi, dan pernafasan terganggu. Hal itu disebabkan adanya lapisan putih yang menghalangi saluran pernafasan. Nah, kalau radang tidak terdapat lapisan putih tersebut, biasanya hanya merah saja,” jelasnya.

Di akhir penjelasannya, Mala berharap agar mahasiswa mengikuti vaksinasi gratis yang diselenggarakan tersebut. Selain itu, dirinya berpesan agar kita menjaga pola hidup yang baik dan menggunakan masker apabila menjumpai seseorang yang memiliki tanda-tanda sebagaimana disebutkan.

Di tempat yang sama, saat diwawancara tim BERITA UIN Online, dua orang mahasiswi peserta vaksinasi dari FKIK, Fadhilah dan Ratna mengatakan, bahwa dirinya dan sebagian besar rekan-rekan mahasiswa menyambut baik serta mengapresiasi adanya kegiatan tersebut.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian RS UIN Jakarta terhadap fenomena yang saat ini tengah membuming. Kami sangat senang sekaligus mengapresiasi kegiatan ini, dan berharap rekan-rekan mahasiswa lain pun aktif serta meluangkan waktu untuk bersama menjaga kesehatan. Salah satu di antaranya mengikuti vaksinasi Difteri ini, ” papar Fadhilah yang diamini Ratna.

Dari pantauan tim BERITA UIN Online terlihat, sejak dimulainya kegiatan tersebut, sekitar pukul 09.00 WIB, mahasiswa terus berdatangan dan memenuhi ruang Aula Madya, serta mendaftarkan diri yang kemudian mendapat giliran untuk diberikan suntik vaksin Difteri. (lrf/hmn)

Share This