Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta Dr. Hamka Hasan Lc MA membuka kegiatan PBAK FDI 2017. Dalam kegiatan bertema 'Integrasi Nilai Kebangsaan dan Keislaman Untuk Membentuk Mahasiswa Yang Berkarakter' diperkenalkan visi, misi, profil fakultas dan etika mahasiswa.

Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta Dr. Hamka Hasan Lc MA membuka kegiatan PBAK FDI 2017. Dalam PBAK FDI bertema ‘Integrasi Nilai Kebangsaan dan Keislaman Untuk Membentuk Mahasiswa Yang Berkarakter’ ini diperkenalkan visi, misi, profil fakultas dan etika mahasiswa FDI UIN Jakarta.(Foto: Dokumentasi FDI UIN Jakarta)

Gedung FDI, BERITA UIN Online— Program Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK) 2017 pada Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta diisi dengan pengenalan visi misi, profil, dan budaya akademik fakultas kepada para mahasiswa baru. Pada saat yang sama, FDI juga mengenalkan kode etik yang harus dipatuhi para mahasiswa.

PBAK 2017 FDI sendiri dibuka langsung Dekan Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta Dr. Hamka Hasan LC MA di Gedung FDI, Rabu (23/8/2017). Turut menghadiri kegiatan, para wakil dekan, ketua program studi, kepala bagian administrasi, senat dan dewan eksekutif mahasiswa FDI.

Para wakil dekan yang hadir, berturut-turut Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Ahmadi Usman Lc MA, Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Asmawi MA, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Dr. Cahya Buana MA. Selain itu, hadir Ketua Program Studi Dirasat Islamiyah Dr Yuli Yasin MA.

Sesuai visi dan misi fakultas, kegiatan PBAK FDI tahun ini mengusung tema “Integrasi Nilai Kebangsaan dan Keislaman Untuk Membentuk Mahasiswa Yang Berkarakter”. Visi misi FDI sendiri adalah menjadi fakultas studi keislaman yang mendalam dalam visi keindonesiaan.

Menurut dekan, tema PBAK 2017 dengan rangkaian diskusi  dan pengenalan akademik fakultas di dalamnya bertujuan agar pola pikir mahasiswanya sesuai dengan visi dan misi FDI. “Di FDI, mahasiswa diharapkan bisa berkonsentrasi penuh dalam studi-studi keislaman meski tetap mendapatkan materi yang membangun sikap kebangsaan dan keindonesiaannya,” katanya.

Selain dekan, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama FDI juga menyampaikan materi sosialisasi kode etik mahasiswa FDI. Menurutnya, mahasiswa FDI seperti halnya mahasiswa UIN Jakarta lainnya wajib menjaga nama baik fakultas dan universitas dengan mengikuti semua aturan yang telah dibuat universitas dan fakultas.

“Kami yakin, mahasiswa FDI adalah generasi yang saleh dan pilihan. Dengan begitu, Anda semua bisa menaati peraturan yang telah ditetapkan fakultas dan universitas,” tandasnya.

Selain diskusi, kegiatan PBAK FDI 2017 juga dihadiri motivator Dr. Syarif Hidayatullah, S.S.I., M.A. Motivator yang juga alumnus FDI ini berbagi pengalamannya belajar dan bersosial selama menjadi mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah. “Mahasiswa FDI adalah mahasiswa harapan umat dalam menjalankan keislaman secara kaaffah,” katanya.

Kegiatan PBAK FDI ditutup pada hari Jum’at, 25 agustus 2017. Sebelumnya, PBAK juga diisi dengan dengan rangkaian perlombaan yang bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul dalam bidang bahasa Arab. (Farah NH/Faizan Nesen/yuni nurkamaliah/zm)

Share This