Pascasarjana Ujung Tombak Pengembangan Keilmuan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Auditorium, BERITA UIN Online – Sekolah Pascasarjana (SPs) memiliki peran strategis dalam pengembangan keilmuan di UIN Jakarta. Ia tak hanya menjadi ujung tombak melainkan etalase sekaligus miniatur sebuah perguruan tinggi.

Demikian disampaikan Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat saat melantik dan mengukuhkan tiga Deputi Direktur SPs periode 2011-2015 dan seorang Pembantu Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) periode 2011-2015 di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Jumat (11/3). Pelantikan dihadiri para pembantu rektor, sejumlah dekan fakultas, serta para kepala biro.

”Sebagai ujung tombak perguruan tinggi, ukuran keberhasilan Pascasarjana tentu bukan pada banyaknya sarjana yang diwisuda melainkan seberapa banyak karya yang dihasilkan,” katanya. Pascasarjana juga berbeda dengan program S1 yang lebih berorientasi pada dunia kerja.

Rektor menegaskan, Pascasarjana UIN Jakarta harus bercermin pada beberapa perguruan tinggi di luar negeri yang banyak unggul dari segi karya dan riset-riset ilmiah. Karena itu Pascasarjana UIN Jakarta diminta untuk mengembangkan diri dalam memajukan keilmuan dan bekerja secara lebih produktif lagi.

“Selama ini kita masih banyak disibukkan dengan urusan administrasi dan belum berkonsentrasi ke arah pengembangan keilmuan,” tandas Rektor.

Di sisi lain, Rektor mengimbau agar para dosen yang masih bergelar doktor untuk segera memproses guru besar atau profesor. Hal itu tak lain untuk memudahkan proses akreditasi sehingga UIN Jakarta memiliki banyak keunggulan. Selain itu jabatan guru besar juga dapat memperpanjang usia pensiun dibandingkan dengan guru biasa. “Jika guru biasa usia pensiun 60 tahun, guru besar bisa sampai 65 tahun,” katanya.

Tiga Deputi Direktur SPs yang dilantik adalah Prof Dr Suwito sebagai Deputi Drektur Bidang Akademik, Dr Yusuf Rahman sebagai Deputi Direktur Bidang Administrasi dan Kemahasiswaan, dan Prof Dr Amany Burhanuddin Umar Lubis sebagai Deputi Direktur Bidang Pengembangan Lembaga. Ketiga Deputi Direktur tersebut dilantik setelah terpilih pada pemilihan calon Deputi Direktur SPs yang digelar pada 8 Maret 2011.

Sedangkan Pembantu Dekan FISIP adalah Dra Wiwi Siti Sajarah MAg sebagai Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum. (ns)