Pascasarjana Tawarkan Program Beasiswa Magister Agama dan Masyarakat

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Gedung SPs, BERITA UIN Online – Sekolah Pascasarjana (SPs) tahun akademik 2011/2012 kembali menawarkan Program Beasiswa Magister Agama dan Masyarakat kepada lulusan S-1 yang ingin meneruskan pendidikan S-2. Hanya saja program ini khusus diberikan kepada para peneliti Muslim di lingkungan Kementerian Agama RI.

Deputi Direktur Bidang Akademik SPs Prof Dr Suwito menjelaskan, pembukaan Magister Agama dan Masyarakat merupakan kerja sama antara SPs UIN Jakarta dan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Latihan (Balitbang dan Diklat) Kementerian Agama RI. Tujuannya untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas para para peneliti dalam bidang kehidupan keagamaan.

“Gelar sarjana untuk program ini adalah Magister Agama bidang Humaniora atau MA.Hum,” katanya kepada BERITA UIN online di gedung SPs, Selasa (20/3).

Pendaftaran Program Magister Agama dan Masyarakat (MAM) mulai dibuka pada 19-20 Maret 2012 dan seleksi pada 26-27 Maret 2012. Peserta yang mendaftar wajib menyertakan surat rekomendasi dari Pusat Litbang dan Kehidupan Keagamaan Balitbang dan Diklat Kemenag.

Bagi peserta yang lolos seleksi, bantuan beasiswa akan diberikan selama dua tahun atau setara dengan empat semester. Bantuan meliputi biaya perkuliahan, biaya penelitian, dan living cost. Namun, untuk seluruh biaya yang ditanggung Balitbang dan Diklat Kemenag tersebut terikat dengan beberapa persyaratan. Antara lain jika perkuliahan tidak tepat waktu (empat semester), biaya tambahan akan dibebankan kepada peserta dan jika gagal (drop out) peserta wajib mengembalikan seluruh biaya yang diterima kepada negara. (H. Farihin)