Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar Stadium General Bahasa Arab di Aula Teater FITK pada Kamis (15/9).

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta menggelar Stadium General Bahasa Arab di Aula Teater FITK pada Kamis (15/9).

Aula Teater FITK, Berita UIN Online— Belajar bahasa Arab bukan lagi perkara sulit. Berbagai media pembelajaran makin memudahkan siapa pun untuk mempelajari bahasa ini. Hanya saja dibutuhkan komitmen dan ketekunan siapa pun yang mempelajarinya.

Demikian disampaikan Prof. Dr Abdul Aziz Munadhil MA saat menjadi pembicara tunggal dalam Studium General bertajuk Ungkapan Bahasa Arab dan Bahasa Dunia sebagai Pemerkuat dan Pemersatu Bahasa di Penjuru Timur di Ruang Teater Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Kamis (15/9). Studium digelar Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Jakarta.

“Belajar berbahasa Arab tidaklah sulit, tergantung bagaimana cara kita belajar dan mengajarkannya serta membiasakan berbahasa Arab di lingkungan sekitar,” paparnya.

Menurut peserta program Visiting Professor UIN Jakarta 2016 asal Universitas Ibn Tufail Maroko, publik seringkali putus asa terlebih dahulu saat mempelajari bahasa Arab. Pasalnya, tidak seperti halnya bahasa-bahasa lain di dunia, bahasa ini mengharuskan penguasaan gramatika yang cukup kompleks.

Pola pengajaran bahasa model tradisional juga menyulitkan para pembelajar tingkat pemula. Pasalnya, model ini mengharuskan mereka mempelajari berbagai referensi pembelajaran bahasa yang sangat kaya.

Munadhil sendiri menyarankan agar para peminat belajar bahasa Arab memanfaatkan beragam teknologi pembelajaran yang semakin canggih. Penggunaan fasilitas internet, selain membiasakan pembelajaran di lingkungan diyakini bisa mempercepat proses pembelajaran bahasa Arab.

Acara yang berlangsung selama dua jam ini dimoderatori oleh Ketua Jurusan PBA Drs Syamsul Arifin MA dan dihadiri oleh seluruh dosen beserta mahasiswa. Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dan menyimak dengan seksama. (Laporan Yuni Nurkamaliah)

Share This