Optimalisasi Layanan, Bagian Akademik Luncurkan SLA

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Dalam rangka meningkatkan layanan akademik, Bagian Akademik UIN Jakarta meluncurkan Sistem Layanan Akademik (SLA). Demikian disampaikan Kepala Bagian Akademik Ir Yarsi Berlianti Msi, saat ditemui BERITA UIN Online di ruang kerjanya, Jumat (18/11).

Dalam rangka meningkatkan layanan akademik, Bagian Akademik UIN Jakarta meluncurkan Sistem Layanan Akademik (SLA). Demikian disampaikan Kepala Bagian Akademik Ir Yarsi Berlianti Msi, saat ditemui BERITA UIN Online di ruang kerjanya, Jumat (18/11).

Gedung Akademik, BERITA UIN Online— Dalam rangka meningkatkan layanan akademik, Bagian Akademik UIN Jakarta meluncurkan Sistem Layanan Akademik (SLA). Sistem yang baru di-launching sepekan ini di maksudkan untuk mempermudah mahasiswa dalam pengurusan administrasi akademik. Mulai dari layanan tandatangan transkip Indeks Prestasi (IP), serta permohonan lainnya.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Akademik Ir Yarsi Berlianti Msi, saat ditemui BERITA UIN Online di ruang kerjanya, Jumat (18/11). Yarsi menambahkan, dalam sistem baru tersebut, sudah terdapat beberapa item yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam rangka mendapatkan kelengkapan akademik.

“Mahasiswa cukup mengakses aplikasi tersebut, dan memilih menu layanan yang kami sediakan serta sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, mahasiswa menyerahkan berkas (printout) kepada petugas akademik untuk diproses,” jelas Yarsi.

Ditambahkannya, mahasiswa dapat memeriksa sudah sejauh mana proses pengajuannya dari mana pun selama dapat mengakses layanan internet, dengan mengakses http://layanan.akademik.uinjkt.ac.id/index.php?r=site/index. Pasalnya, dalam layanan tersebut terdapat keterangan progress dari pengajuan mahasiswa.

“Kami berharap, sistem layanan yang baru ini dapat diaplikasikan pada bagian akademik di seluruh fakultas yang ada di UIN Jakarta. Dengan demikian, maka layanan akademik di UIN Jakarta dapat terus meningkat dan proses belajar-mengajar berjalan lancar,” harapnya.

Di waktu yang sama, Yarsi juga mengatakan bahwa bagian akademik telah mengadakan pembekalan kepada seluruh karyawan bagian akademik, baik pusat maupun fakultas. Dari kegiatan tersebut, menghasilkan beberapa poin penting yang berkaitan dengan peningkatan layanan akademik.

“Salah satu hasil pembekalan tersebut adalah ditemukannya Sistem Layanan Akademik (SLA) ini. Lebih jauh, yaitu semboyan karyawan bagian akademik dalam memberikan layanan, yaitu Ramah, Cepat, dan Akurat (RCA). Ramah dalam melayani, cepat dalam memproses setiap kebutuhan mahasiswa, dan akurat dalam memberikan jawaban atau tindakan,” jelas Yarsi.

Terkait sarana dan prasarana yang ada, Yarsi mengaku masih membutuhkan sedikitnya empat unit komputer (touch screen), hal ini untuk mempermudah mahasiswa mengakses dan menyampaikan kebutuhan akademiknya kepada petugas.

“Saat ini, mahasiswa masih harus antre, karena kami baru memiliki empat unit komputer. Antrean tersebut akan semakin banyak pada waktu-waktu tertentu, dimana mahasiswa membutuhkan layanan yang sama dari bagian akademik,” terangnya kepada BERITA UIN. (lrf)