Oki Setiana Dewi: “Saya Senang Belajar Islam di SPs UIN Jakarta”

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Oki Setiana Dewi. (Foto Nanang Syaikhu)

Oki Setiana Dewi. (Foto Nanang Syaikhu)

Pendakwah Oki Setiana Dewi (27) mengaku bangga dapat kesempatan kuliah di Sekolah Pascasarjana (SPs) UIN Jakarta. Bahkan keinginan tersebut merupakan cita-citanya yang terpendam sejak lama.

 “Saya sudah lama ingin kuliah di UIN Jakarta. Namun, baru kali ini cita-cita tersebut terkabul,” ujarnya kepada BERITA UIN Online seusai menghadiri seminar nasional “Aliran-aliran Islam Kontemporer dan Implikasinya bagi Harmoni Sosial dan NKRI” di gedung SPs UIN Jakarta, Selasa (25/10).

Oki, yang sehari-hari berprofesi sebagai pendakwah dalam program “Islam Itu Indah” di sebuah stasiun televisi swasta tersebut, tahun ini resmi menjadi mahasiswi tingkat doktoral (S3) di SPs UIN Jakarta. Ia kuliah di Program Studi Pengkajian Islam Konsentrasi Pendidikan Islam.

“Saya memilih Konsentrasi Pendidikan Islam karena saya bercita-cita menjadi guru agama, khususnya untuk menangani pendidikan anak usia dini,” tutur ibu dua anak yang menikah tahun 2014 itu.

Menurut Oki, dirinya memilih UIN Jakarta untuk melanjutkan studi doktoralnya bukan tanpa alasan. Selain karena sudah terkenal dan termasuk acuan utama dari seluruh UIN di Indonesia, kuliah di UIN Jakarta sangat multikultural. Bahkan dalam belajar Islam, ia telah menemukan hal berbeda dalam cara pandang untuk melihat Islam.

Belajar Islam di UIN Jakarta, ujar wanita kelahiran Batam, Kepulauan Riau, 13 Januari 1989, itu, diberikan secara multiperspektif, tidak hanya dari satu sudut pandang melainkan beragam pemikiran. Dosen-dosen yang mengajar juga berwawasan Islam luas dan mendidik mahasiswa untuk saling menghargai  serta bersikap lebih toleran.

“Lebih dari itu, wawasan berpikir saya pun menjadi lebih terbuka, apalagi ditambah dengan banyaknya mahasiswa asing yang kuliah di sini (SPs UIN Jakarta, Red),” katanya.

Meski demikian, Oki sendiri tak menampik jika dikatakan bahwa kuliah di SPs UIN Jakarta cukup ketat dengan persyaratan. Namun, baginya hal itu justru menjadi cambuk untuk lebih giat lagi belajar dan berdiskusi bersama teman-teman kuliahnya.

Oki selain dikenal sebagai pendakwah, juga seorang artis film dan penulis buku. Ia di antaranya pernah memerankan tokoh Anna dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Sedangkan buku yang pernah ditulisnya, antara lain, Melukis Pelangi: Catatan Hati Oki Setiana Dewi (2011), Cahaya di Atas Cahaya: Perjalanan Spiritual Oki Setiana Dewi (2012), Hijab I’am in Love (2013), dan Dekapan Kematian (2013).Oki juga sempat bermain di beberapa FTV sebelum akhirnya memutuskan untuk berjilbab pada tahun 2005.

Ia menempuh pendidikan S1 di Universitas Indonesia pada Fakultas Ilmu Budaya (2012). Kemudian ia melanjutkan S2 pada kajian Pendidikan Anak Usia Dini di Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (2016) dan kini mahasiswi doktoral semester 1 di SPs UIN Jakarta. (ns)