MUI Berencana “Kuliahkan” Kadernya di SPs UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gd. SPs, BERITA UIN OnlineMajelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengirim para kader ulamanya untuk melanjutkan Studi Doktor (S3) di Sekolah Pascasarjana di SPs UIN Jakarta. Demikian, disampaikan Ketua MUI KH Abdullah Jaidi, di Gedung SPs UIN Jakarta, Selasa (29/8).

Menurutnya, program studi yang akan diambil para kader ulama MUI itu adalah Pengkajian Islam dengan kompetensi bidang fatwa dan analisa sosial kemasyarakatan.

Dijelaskannya, program tersebut diselengarakan untuk meningkatkan kualitas fatwa-fatwa yang diterbitkan MUI sebagai bagian dakwah dan pengabdian MUI kepada bangsa.

“Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan potensi akademik dan sumber daya manusia MUI, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” katanya.

Dengan program tersebut, diharapkan akan lahir ulama-ulama mujtahid dan pembaharu (mujaddid) di bidang hukum dan masalah-masalah sosial, serta responsif terhadap persoalan bangsa.

Untuk kepentingan hal tersebut, MUI pada 16 Agustus lalu telah menandatangai nota perjanjian kerjasama dengan SPs UIN Jakarta. Nota kesepahaman tersebut ditandatangani oleh KH Abdullah Jaidi mewakili MUI dan Prof Dr Masykurillah Abdillah MA mewakili SPs UIN Jakarta.

Sesuai dengan kesepakatan dalam perjanjan tersebut, peserta program ini akan mendapatkan biaya pendidikan, seleksi, tempat tinggal, belanja buku, dan lain-lainnya.

Selain itu, MUI dan SPs juga telah menyepakati beberapa kurikulum khusus bagi program ini, antara lain, Metode Fatwa, Fatwa Kontemporer, Perkembangan Dakwah dan Politik Dunia Islam, dan Ekonomi Islam, serta Peran MUI. (lrf/dina)