Rektorat, BERITA UIN Online— Kelompok Pencinta Alama (KPA) Arkadia UIN Jakarta direncanakan akan bertolak menuju Iran guna melakukan pendakian gunung Damavand, Iran. Pendakian tersebut dalam rangka memeriahkan Milad Ke-60 UIN Jakarta yang jatuh pada 20 Mei 2017 mendatang.

Keterangan tersebut diperoleh BERITA UIN Online dari salah satu tim yang akan melakukan pendakian tersebut, Muhamad Aminullah, Selasa (02/05), usai dilepas oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA pada acara Silatnas BEM PTKIN 2017, bertempat di Auditorium Harun Nasution.

Ditambahkan Aminullah, dirinya dan rombongan yang berjumlah lima orang itu akan berangkat menuju Iran pada, Senin (07/05) pecan depan. Kelima orang tersebut diantaranya, Muhamad Aminullah (FIDK/Semester 6), Ahmad Khoiri (FSH/8), M. Abdul Bait (FU/6), dan Hasan Hadi Sofian (FU/10). Selain mereka berlima, turut pula seorang pembicara yaitu Iwan Buana.

“Sebagaimana direncanakan, Insya Allah pada tanggal 20 Mei 2017 nanti bertepatan dengan milad UIN ke-60, kami akan mencapai puncak gunung Damavand. Disana, kami akan mengibarkan tiga bendera, yaitu Merah Putih, bendera UIN Jakarta dan Arkadia,” jelas Amin.

Setelah pendakian, masih menurut Amin, rombongan dijadwalkan akan tiba kembali di UIN Jakarta pada, 27 Mei 2017.

Ketika ditanya mengapa memilih gunung Damavand, Amin menjawab bahwa gunung tersebut merupakan gunung tertinggi di Timur Tengah, dan Timur Tengah merupakan simbol awal kemunculan Islam.

“Selama ini, belum ada PTKIN yang menaklukkan gunung tertinggi di Timur Tengah tersebut, dan pendakian ini menjadi pemecah rekor salah satu PTKIN yang mendaki gunung dengan ketinggian 5.610 meter di atas permukaan laut tersebut,” tandas Aminullah.

Di lain tempat, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA berpesan, kepada seluruh atlit dan peserta pendakian, diharapkan mampu menjaga diri dan kembali dengan selamat tanpa kekurangan suatu apa pun.

“Jaga diri dan nama baik UIN Jakarta. Semoga kalian berhasil mengibarkan ketiga bendera tersebut dan mampu kembali ke UIN Jakarta dengan selamat,” ujarnya.

Sebagai informasi, Kelompok Pencinta Alam (KPA) Arkadia adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang kepencintaalaman. Bidang kepencintaalaman itu sendiri masih banyak bidang-bidang yang termasuk di dalamnya seperti kepetualangan, advokasi, konservasi lingkungan, Search And Rescue (SAR), dan sebagainya. KPA Arkadia berdiri pada, 2 Oktober 1989 di Kampus IAIN Jakarta yang dipelopori oleh 13 orang aktivis kampus yang menggemari kegiatan alam bebas dan juga peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup.(lrf)

 

Share This