Menteri Agama Resmi Buka AICIS Ke-16

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin secara resmi membuka konferensi internasional Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) ke-16. Bertempat di Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa (1/11).

Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaifuddin secara resmi membuka konferensi internasional Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) ke-16. Bertempat di Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa (1/11).

Bandar Lampung, BERITA UIN Online— Menteri Agama RI Lukman Hakim Syaefuddin secara resmi membuka konferensi internasional Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) ke-16. Bertempat di Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa (1/11).

Menag mengapresiasi penyelenggaraan acara tahunan tersebut, dan mengatakan bahwa acara AICIS ke-16 tersebut sangat spesial dan istimewa, karena untuk pertama kalinya diselenggarakan di lingkungan pendidikan.

“Tradisi baru ini saya rasa perlu dilakukan secara berkesinambungan untuk pelaksanaan AICIS selanjutnya,” tandasnya.

Ditambahkannya, Menag juga berharap, konferensi tersebut dapat merumuskan seperti apa Islam yang berkembang di Indonesia. “Forum ini harus mampu merumuskan secara komprehensif bagaimana Islam Indonesia sehingga menjadi sumbangsih bagi perkembangan Islam di dunia,” ujar Lukman.

Menag juga menawarkan, hasil konferensi tersebut dinamai deklarasi Lampung, sebuah sumbangan pemikiran tentang keislaman Indonesia untuk dunia yang dirancang di bumi Lampung. “Deklarasi ini mempresentasikan tentang wajah Islam Indonesia yang moderat, toleran, dan jauh dari sifat-sifat anarkis serta ekstrimis,” tandas Lukman.

Dengan menjaga ajaran yang disebutkan, maka Islam di Indonesia mampu diterima dan berjalan beriringan dengan budaya serta tradisi yang ada di Indonesia. “Islam Indonesia senantiasa menekankan nasionalisme serta menjaga perdamaian dan kerukunan antar umat beragama,” jelas Lukman.

Konferensi yang mengusung tema Kontribusi Islam Indonesia untuk Peradaban Islam Dunia ini, dihadiri pula oleh Direktur DIKTIS Prof Dr Amsal Bahtiar MA, Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, Rektor IAIN Raden Intan Lampung Prof Dr M. Mukri MAg, Kapolda Lampung, Brigjen Sudjarno, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Lampung, Suhaili, insan media, dan para tamu undangan.

Dalam sambutannya, Kamaruddin mengatakan bahwa AICIS merupakan momentum refleksi akademik. Kegiatan yang menjadi eksplorasi pendidikan Indonesia ke tingkat global bahkan internasional.

Sebagai informasi tambahan, dalam konferensi tersebut akan dikupas sedikitnya 224 makalah keislaman di Indonesia. Jumlah tersebut menurut Phil merupakan hasil seleksi dari 1.692 makalah yang masuk ke panitia. Selain konferensi dalam AICIS, kali ini juga digelar pertemuan pimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam (PTKI), pertemuan Direktur Pascasarjana seluruh Indonesia, Rapat koordinasi Koopertis se Indonesia, Jurnal expo, dan pameran hasil hasil penelitian perguruan tinggi keagamaan Islam seluruh Indonesia.

Di tempat yang sama, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo dalam sambutannya menyampaika kebanggaannya Lampung berkesempatan menjadi tuan rumah AICIS. Pasalnya, melalui kegiatan tersebut akan menjadi media mempromosikan Lampung agar lebih di kenal di kancah Internasional. (lrf/lampos.com)