Auditorium Harun Nasution, Berita UIN Online— Menteri Keuangan RI Sri Mulyani mengapresiasi sejumlah capaian yang telah dilakukan Kementerian dan Lembaga (K/L). Salah satunya,laporan keuangan UIN Jakarta Tahun Anggaran 2016yang mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK RI.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Gala Dinner pada malam puncak perayaan Milad ke-60 ADIA/IAIN/UIN Jakarta, Kamis (25/5/2017) di Auditorium Prof Dr Harun Nasution UIN Jakarta.

“Hari Jumat yang lalu pada rapat paripurna DPR tanggal 19 Mei 2017,BPK memberikan opini WTP terhadap laporan keuangan pemerintah pusat tahun 2016. Opini WTP adalah  opini tertinggi yang diberikan auditor negara kita,” katanya disambut tepuk tangan para tamu yang hadir.

Menurut Sri Mulyani,itu merupakan suatu cerminan dari upaya perbaikan yang dilakukan secara terus menurus yang dilakukan pemerintah Republik Indonesia.

“Upaya tersebut kita sudah lakukan sejak 16 tahun yang lalu atau semenjak Republik Indonesia menerbitkan laporan keuangan dan neraca keuangan negara,” tuturnya

Opini WTP, lanjutnya, adalah suatu pencapaian yang luar biasa apabila suatu negara bisa membangun laporan dan neraca keuangan yang berkualitas.

“Untuk anda semua yang baru menggeluti bidang ekonomi syariah atau konvensional, ini adalah salah satu bentuk akuntabilitas yang luar biasa penting dalam pengelolan sumber keuangan baik itu di level negara maupun korporasi,” ungkapnya.

“Saya berterima kasih kepada semua Kementerian dan Lembaga yang telah menyumbangkan opini WTP ini, termasuk Kementerian Agama dimana UIN Jakarta yang berada dibawahnya mendapat opini WTP,” tandas mantan Direktur Operasional Bank Dunia itu. (Farah/kemal fahmi rahma/zm)

Share This