Menjadi Mayoritas dengan Gagasan Besar

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Putri Kartika Utami

Ruang Diorama, UIN Online- Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat mengatakan, untuk menjadi mayoritas dalam suatu kelompok tidak selalu dilihat dari kuantitas. Golongan minoritas juga bisa menjadi mayoritas karena gagasan besarnya. Rektor mencotohkan keberhasilan Barrack Obama dan Nelson Mandela yang menjadi presiden di negara masing-masing. Padahal mereka berangkat dari golongan minoritas.

“Bahkan Nabi Muhammad SAW pun awalnya adalah golongan minoritas, tapi kini dia menjadi tokoh besar. Anda bisa seperti mereka jika memeliki gagasan besar,” kata Rektor.

Pernyataan ini merupakan jawaban rektor atas pertanyaan salah satu mahasiswa asal Timor Leste pada hari kedua Orientation Day mahasiswa internasional, di Ruang Diorama, Rabu (29/9).

Mahasiswa tersebut menanyakan bagaimana membangun Timor Leste yang bernafaskan Islam, sedangkan umat Muslim di sana tergolong minoritas.

Selain itu, dia juga menjelaskan calon orang sukses bisa dilihat dari cita-cita, kepribadian dan pikirannya. Maka, Rektor mengingatkan mahasiswa asing untuk menjaga moral, fokus belajar dan aktif mengikuti kegiatan positif selama belajar di UIN Jakarta. “Yang terpenting, jangan mengorbankan studi,” jelasnya. []