Menaker Dhakiri Akan Sampaikan Orasi Ilmiah

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Menteri Ketenagakerjaan RI Muhammad Hanif Dhakiri. (Foto: suara.com)

Menteri Ketenagakerjaan RI Muhammad Hanif Dhakiri. (Foto: suara.com)

Gedung Rektorat, BERITA UIN Online – Menteri Ketenagakerjaan RI Muhammad Hanif Dhakiri dijadwalkan akan memberikan orasi ilmiah pada acara Wisuda Sarjana ke-102 di Auditorium Prof Dr Harun Nasution. Selain menyampaikan orasi, Menaker juga akan menandatangani kerja sama dengan UIN Jakarta di bidang pengembangan sumber daya manusia.

Demikian keterangan yang diberikan Kepala Sub Bagian Publikasi dan Dokumentasi UIN Jakarta Feni Arifiani MH kepada BERITA UIN Online, Jumat (18/11). Menurut jadwal, Menaker akan menyampaikan orasinya pada hari pertama wisuda, Sabtu (26/11).

“Insya Allah Menaker Muhammad Hanif Dhakiri akan hadir dan memberikan orasi ilmiah sekitar masalah ketenagakerjaan di Indonesia,” ujar Feni.

Feni menjelaskan, kepastian hadirnya Menaker dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu didapat dari Kantor Kementerian Tenaga Kerja melalui staf Rektor UIN Jakarta, Kamis (17/11) kemarin. “Suratnya sudah diterima dan beliau (Menaker Muhammad Hanif Dhakiri, Red) menyatakan akan hadir,” ujarnya.

Acara wisuda sarjana baru untuk program S1, S2, dan S3 ke-102 akan digelar pada 26-27 November 2016 di Auditorium Prof Dr Harun Nasution. Calon wisudawan tahun akademik 2016/2017 dan bertema “Meniti Jalan Menuju Otonomi Kampus” kali ini berjumlah 1.043 orang dari 11 fakultas dan Sekolah Pascasarjana.

Pada wisuda hari pertama berjumlah 532 orang, terdiri atas Fakultas Ushuluddin sebanyak 65 orang, Fakultas Syariah dan Hukum (188 orang), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (112 orang), Fakultas Sains dan Teknologi (63 orang), Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (75 orang), dan Fakultas Psikologi (29 orang).

Sedangkan hari kedua berjumlah 511 orang, terdiri atas Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan sebanyak 259 orang, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (133 orang), Fakultas Dirasat Islamiyah (15 orang), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (38 orang), dan Fakultas Adab dan Humaniora (41 orang). Adapun Sekolah Pascasarjana berjumlah 25 orang, terdiri atas program magister (13 orang) dan program doktor (12 orang).

“Sebelum dilantik sebagai sarjana baru, para calon wisudawan tersebut terlebih dahulu akan mengikuti upacara gladi resik yang digelar di Auditorium pada 24 November 2016 pukul 08.00,” kata Feni. (ns)