Memanfaatkan Game untuk Pembelajaran Bahasa Inggris

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung FITK, BERITA UIN Online– Untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan pengajaran bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta bersama PT Smarty Ants Inc menggelar studium general bertema keterampilan membaca bahasa Inggris melalui media game di ruang teater Prof Dr Mahmud Yunus FITK UIN Jakarta, Senin (10/09)

“Dari pihak PT Smarty Ants Inc ingin memperkenalkan kepada mahasiswa cara yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar menguasai bahasa Inggris melalui permainan dan animasi yang interaktif dan kami dipercayakan untuk memfasilitasi acara ini,” ujar Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Drs Syauqi MPd di sela-sela berlangsungnya acara.

Menurutnya, acara ini sangat tepat sekali jika diadakan di Jurusan PBI, karena mahasiswa PBI memang butuh sekali dengan metode-metode pembelajaran bahasa Inggris yang up to date, sehingga tidak ketinggalan zaman.

“Anak-anak zaman sekarang sangat fasih dengan perkembangan teknologi terbaru, istilahnya anak-anak gadgetlah, maka ini bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, khususnya bahasa Inggris,” imbuhnya.

Sementara itu, Marcia Russel, President School Division Smarty Ants dari Amerika Serikat sebagai nara sumber dalam acara ini, mengatakan, lebih dari 80% aplikasi berbayar populer kategori edukasi sasarannya adalah anak-anak.

“Sebanyak 72 persen di antaranya menyasar anak-anak usia pra-sekolah,” ujar Marcia saat berbicara membahas Using Gaming and Technology to Teach English Reading Skills to Young Children di depan mahasiswa dan dosen Jurusan PBI FITK ini.

“Kegandrungan anak-anak terhadap gadget terus meningkat. Bahkan dalam beberapa waktu ke depan, anak-anak akan semakin menyukai aktivitas berbasis gadget dan komputer,” jelas Marcia.

Untuk itu, lanjutnya, Smarty Ants memperkenalkan cara menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar menguasai bahasa Inggris melalui permainan dan animasi yang interaktif. “Game online menjadi salah satu cara yang bisa dipakai untuk belajar bahasa Inggris, terutama untuk mempelajari kosa kata,”imbuhnya.

Disebutkan Marcia, beberapa pertimbangan mengajar bahasa Inggris menggunakan teknologi adalah variasi materi ajar serta perbedaan aplikasi satu dengan lainnya yang akan semakin menarik minat anak-anak.

Director of Education PT Semartians Indonesia Clarinda Pusponegoro Usman, yang mendampingi Marcia Russel dalam acara tersebut, mengatakan, selain bisa diakses melalui website, tersedia juga aplikasi Smarty Ants untuk tablet dan smartphone. “Namun di Indonesia, aplikasi Smarty Ants baru akan dirilis beberapa bulan ke depan.”

“Smarty Ants mendapatkan CODiE Awards 2012, sebagai best educational games and simulation di Amerika. Untuk aplikasinya, baru akan dirilis di sini November mendatang,” katanya.

Acara ini ditutup oleh Pembantu Dekan Bidang Akademik FITK UIN Jakarta Nurlena Rifa’i, Ph.D,. Dalam sambutannya, dia berharap agar mahasiswa bisa terinspirasi dari nara sumber, sehingga mahasiswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam pembelajaran bahasa Inggris. (M Furqan)