Masjid FISIP Gelar Shalat Jumat Perdana

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

 

Gedung FISIP, BERITA UIN Online – Masjid Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) belum diberi nama. Bahkan gedung baru fakultas itu juga belum diresmikan. Namun, Jumat (8/3), masjid tersebut telah digunakan untuk melaksanakan shalat Jumat perdana.

Pada shalat Jumat tersebut, bertindak selaku khatib dan imam guru besar Fakultas Ushuluddin Prof Dr Din Syamsuddin. Selain diikuti pimpinan UIN Jakarta, juga tampak sejumlah tokoh nasional. Antara lain mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Wakil Ketua MPR RI Hajriyanto Y. Tohari, Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies (CSIS) Dr Rizal Sukma, dan mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional Sutrisno Bachir.

Dekan FISIP Prof Dr Bachtiar Effendy seusai shalat Jumat menyatakan kegembiraannya masjid FISIP sudah dapat dipakai untuk shalat Jumat. Dia juga berterima kasih atas kehadiran sejumlah koleganya yang hadir memenuhi undangan shalat Jumat perdana di gedung FISIP yang baru dibangun.

Sementara Hajrianto Y. Tohari, yang ikut memberi sambutan, menyinggung soal banyaknya tokoh Muhammadiyah yang ikut hadir dalam ibadah shalat Jumat tersebut. Bahkan ia juga memuji atas keindahan masjid FISIP yang belum diberi nama itu. “Kalau boleh saya usul, masjid ini diberi nama saja dengan Baitul Siyasah (rumah politik),” selorohnya.

Tak pelak, gelak tawa pun membahana di ruangan dalam masjid yang tanpa dinding tersebut. “Jadi klop dengan nama fakultasnya,” imbuh dia.

Sayangnya, Anas Urbaningrum yang belum lama mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat karena disebut-sebut terlibat kasus proyek Hambalang, tak tampil berbicara. Mantan Ketua Umum PB HMI itu hanya duduk terdiam di dekat mihrab mendampingi Din Syamsuddin.

Seuai shalat Jumat yang juga dihadiri para dosen serta mahasiswa FISIP itu, mereka lalu menuju ruang dalam gedung FISIP untuk bersantap siang bersama. (ns)