Majlis Agama Islam Thailand Studi Banding ke UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

RSU, BERITA UIN Online– Untuk mengembangkan pendidikan Islam di wilayah Pattani, Thailand Selatan, Majlis Agama Islam Wilayah Pattani, berkunjung ke UIN Jakarta. Kegiatan tersebut digelar untuk mendapatkan masukan dan wawasan tentang pengembangan pendidikan Islam.

“Kami ingin melihat bagaimana pendidikan tinggi di sini. Apalagi nama UIN Jakarta sudah terkenal di sana,” terang Ketua Majlis Agama Islam Wilayah Pattani Dr Haji Ahamad Kamil bin Yusuf di Ruang Sidang Utama (RSU) Gedung Rektorat, Selasa (20/8/2013).

Selain itu, katanya, tujuan delegasi Majlis Agama Islam yang terdiri atas 30 orang itu ke Indonesia adalah untuk silaturahmi dengan organisasi-organisasi Islam seperti Muhammadiyah, NU, dan sebagainya. “Kami silaturahmi dengan badan-badan Islam yang terkait dengan kami. Kami datang ke Indonesia, karena di sini ada kesamaan bahasa dan agama,” tambahnya.

Menurutnya, kehadiran delegasi Majlis Agama Islam Pattani ke Indonesia merupakan lawatan balasan atas kunjungan Menteri Agama (Menag) RI Suryadharma Ali ke Pattani dua bulan lalu. Kunjungan Menag RI itu mendorong adanya kerja sama yang lebih erat antara Indonesia dengan umat Islam Thailand.

Sementara Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat mengatakan, pihaknya mengapresiasi kunjungan tersebut, serta mendukung usaha umat Islam memperat hubungan antarumat Islam Nusantara. “Kita di Nusantara ini disatukan oleh bahasa dan agama,” katanya.

Rektor menjelaskan, UIN Jakarta sebagai lembaga publik berdiri di atas semua kelompok. Oleh karena itu, UIN Jakarta punya tanggung jawab untuk mengayomi dan mempererat hubungan dengan semua kalangan.

Delegasi yang tiba di UIN Jakarta pukul 09.30 WIB ini, diterima langsung Rektor Prof Dr Komaruddin Hidayat. Selain itu, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Dr Moh Matsna HS MA, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Lembaga dan Kerjasama Dr Jamhari, Kepala Pusat Layanan Kerja Sama Internasional Dr Yenni Ratna Yuningsih, dan para kepala biro, serta sejumlah tamu undangan juga turut menjamu delegasi. (D Antariksa/Saifudin)