Gedung Kemahasiswaan, BERITA UIN Online— Tim Mahasiswa UIN Jakarta berhasil meraih sejumlah prestasi dalam Ihtifal Institusi Pengajian Tinggi ASEAN 2018 di Universiti Sains Islam Malaysia (USIM), Malaysia, Kamis-Selasa, 29 Maret-3 April 2018. Mereka mencatatkan keberhasilan setelah menyisihkan berbagai tim yang mewakili puluhan perguruan tinggi peserta se-Asia Tenggara.

Informasi keberhasilan mahasiswa UIN Jakarta meraih prestasi disampaikan langsung Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof. Dr. Yusron Razak M.Si saat ditemui BERITA UIN Online di ruangannya, Kamis (5/4/2018). “Alhamdulillah berkat dukungan semua, anak-anak kita, mahasiswa UIN Jakarta berhasil mencatatkan prestasi membanggakan dalam ihtifal tahunan di Malaysia,” ungkapnya.

Prestasi tersebut, lanjut Yusron, dicatatkan dalam sejumlah cabang yang dilombakan bagi puluhan tim dari berbagai perguruan tinggi di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Cabang lomba sendiri terdiri dari Debat Bahasa Arab, Pidato Dwi Bahasa (Arab dan Inggris), Nasyid, dan Tilawah Al-Quran.

“Meski tidak meraih juara pada semua cabang yang dilombakan, namun prestasi juara pada sejumlah bidang menjadikan nama UIN Jakarta tetap menjadi kontestan yang selalu mencatatkan prestasi pada ajang tersebut,” paparnya lagi.

Kasubbag Bina Bakat dan Minat Mahasiswa UIN Jakarta, R. Trisno Muh. Riyadi MM, yang turut mendampingi tim menjelaskan, tim debat bahasa Arab UIN Jakarta berhasil menjawarai cabang kejuaraan setelah di puncak kompetisi mengalahkan tim dari University of Malaya. Tim ini beranggotakan Mahbubi (FAH/VI), Muhammad Difa el-Haq (FDI/IV), Khairul Mufid Zubairi (FDI/IV), dan Qolbun Salim al-Faruqi (FDI/IV).

Masih di cabang Debat Bahasa Arab, Khairul Mufid Zubairi berhasil meraih penghargaan sebagai pendebat terbaik pada ajang tersebut. “Jadi selain juara pertama, salah satu anggota tim debat bahasa Arab UIN Jakarta juga terpilih sebagai pendebat terbaik,” katanya.

Prestasi yang tak kalah membanggakan juga berhasil diraih Jamaliah Hadiroh. Mahasiswi semester VIII Fakultas Syariah dan Hukum berhasil meraih juara terbaik ke-3 untuk kategori Pidato Dwi Bahasa.

Sedang di Nasyid, tim UIN Jakarta berhasil meraih prestasi penampil Nasyid terbaik di ajang tersebut. Tim yang beranggotakan yang beranggotakan Adi Putra Utama (Manajemen/FEB), Irvan Shadiq Munsawi (PBA/FITK), Muhammad Ramadan Saputra (BSI/FAH), Muhammad Faqihus Syari (FDI), Aris Muzayin (HK/FSH), dan TB Ahmad Akbar Alqadly (BSA/FAH) dinilai mampu menyajikan tampilan nasyid terbaik.

Adapun di cabang Tilawatil Quran, tim UIN Jakarta yang diwakili Isna Wirahmadayati (SI/FST) dan Adek Putra Masrianda (IQTAF/FU) harus mengakui keunggulan kontestan dari tim perguruan tinggi lain. “Namun secara keseluruhan, tahun ini UIN Jakarta berhasil membawa kembali salah satu piala juara pertama dari Malaysia,” terang Trisno lagi. (farah nh/yuni nk/zm)

Share This