Sejumlah UKM UIN Jakarta menggelar penggalangan dana dan doa bersama untuk Muslim Rohingya, Jumat (8/9/2017) di Lapangan Parkir Gedung FITK UIN Jakarta

Gedung FITK, BERITA UIN Online– Penindasan yang menimpa komunitas muslim Rohingya kembali menjadi sorotan media Internasional. Pemerintah Myanmar tidak mengakui mereka sebagai warga negara; meski banyak di antara mereka telah tinggal di Myanmar selama beberapa generasi. Komunitas-komunitas muslim di seluruh dunia tidak bisa tinggal diam melihat penindasan yang dialami oleh mereka.

Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA bersama Lembaga Dakwah Kampus Syahid (LDK Syahid) mendukung penuh langkah-langkah untuk mengakhiri penindasan yang dialami masyarakat muslim Rohingya.

Setelah pertemuan antara Mus’ab Izzuddin selaku Ketua LDK Syahid dengan Rektor UIN Jakarta, disepakatilah untuk melakukan Aksi Galang Dana dan Doa Bersama untuk Rohingya.

LDK Syahid mengajak seluruh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UIN Jakarta, DEMA UIN Jakarta, serta Sema UIN Jakarta untuk meramaikan aksi yang dilaksanakan pada Jumat, 8 September 2017.

Aksi yang dilakukan di depan gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) itu berjalan dengan lancar. Tak sedikit mahasiswa yang berlalu lalang memberikan donasi untuk Rohingya. Ada beberapa titik kotak donasi yang disiapkan oleh anggota LDK Syahid. Juga ada donasi keliling yang dilakukan oleh UKM KMPLHK Ranita, yang sudah lebih dulu menggalang dana dan membuat posko bantuan untuk Rohingya di kampus UIN Jakarta.

Rangkaian aksi diawali dengan Doa Bersama yang dipimpin Wakil Ketua DEMA. Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Puisi oleh Ketua SEMA dan Ketua Forum UKM.

Berikutnya ceramah oleh Ketua LDK Syahid Mushab Izzudin, Dzikir Bersama yang dipimpin ketua HIQMA Zulkarnai, dan penyampaian orasi oleh perwakilan UKM UIN Jakarta.

“Saudara-saudara Muslim di Rohingya, mengalami penolakan di negaranya sendiri! Tidak diterima oleh beberapa negara tetangga. Miskin. Tak mendapatkan kewarganegaraan. Mereka mencari pertolongan dengan menyebrangi lautan karena tak ada daratan yang nyaman untuk disinggahi,” begitu teriak perwakilan tersebut.

Tercatat, dari Aksi Galang Dana ini berhasil terkumpul donasi sebesar Rp 9.225.600. Ditambah dengan donasi yang telah terkumpul dari UKM Ranita sebesar Rp 16.000.000,00.

Dana yang terkumpul tersebut akan disalurkan melalui Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta. Mus’ab Izzudin selaku Ketua LDK Syahid mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh sivitas akademik UIN Jakarta dan seluruh pihak yang berkontribusi dalam aksi galang dana untuk saudara-saudara muslim Rohingya ini.

“Semoga amal baik dan harta yang telah diinfakkan diganti Allah dengan berkah terbaik dan semoga doa kita dapat menolong saudara-saudara di Rohingya,” ujar Mus’ab mewakili Forum UKM UIN Jakarta. (sarahmotiva/mf)

Share This