Mahasiswa UIN Jakarta Diminta Aktif Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Aula Madya, BERITA UIN Online Gerakan Nurani Nusantara (GANN) mengajak mahasiswa UIN Jakarta untuk turut serta gencar mengkampanyekan bahaya narkoba bagi remaja. Usaha tersebut perlu terus digalakkan, karena narkoba tidak saja merugikan diri pengguananya, tapi juga orang lain.

“Kegiatan ini bermula dari sebuah keprihatinan pada peristiwa Xenia maut yang terjadi pada Januari 2012 di Tugu Tani. 9 korban tewas tertabrak Xenia  yang dikendarai Apriani di bawah pengaruh narkoba (miras dan sabu), maka berdirilah GANN,”ujar Varhan Abdul Malik, Ketua GANN UIN Jakarta, pada acara “Training Motivasi Gratis Pencegahan Narkoba untuk Mahasiswa”, Rabu (10/10/12) di Aula Madya UIN Jakarta.

Untuk kepentingan itu pula, organisasi sosial yang menjadi mitra Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya pencegahan penggunaan narkoba ini bekerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Jakarta, menggelar training ini. “Ini sudah yang ke-4 kali kami  adakan di UIN Jakarta,” terang dia.

Angkatan pertama, lanjutnya, diselenggarakan pada 27 Maret 2012 di Aula Student Center. “Waktu itu dibuka oleh Pak Komaruddin Hidayat, Rektor UIN Jakarta. Angkatan kedua, diadakan di Fakultas Sains dan Teknologi (FST) pada 7 Mei 2012, dan angkatan ketiga di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan pada 9 Juli 2012,” imbuhnya.

Menurutnya, mahasiswa harus punya kesadaran untuk bangkit. Belajar bukan hanya di kelas saja tapi di dunia nyata, yaitu universitas kehidupan.

“Bandingkan dengan orang-orang  yang hanya kuliah di kelas. Lihat Pak Komar, beliau menjadi besar karena kuliah di universitas kehidupan, yaitu di organisasi-organisasi semacam ini,” ujar mahasiswa yang pernah mendapatkan kesempatan belajar di Jepang dan Malaysia dalam program pertukaran pelajar antarnegara ini.

Training motivasi ini diadakan selama 2 jam yang terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama, untuk mambangkitkan kesadaran atas bahaya narkoba di kalangan mahasiswa, dan sesi kedua untuk menggali potensi diri secara optimal.

“Seminar ini sudah kami adakan di beberapa kampus, di antaranya Kampus Trisakti, UNJ, UPN, dan yang ke-4 di UIN Jakarta dan sangat didukung sekali oleh Pak Komar, Rektor UIN Jakarta,” ujar M. Fariza, Ketua GANN Nasional sekaligus yang menjadi salah satu trainer pada acara yang bertema “Hidup Positif dan Bermakna Bagi Sesama.”

Dikatakan Fariza, sampai saat ini sudah 62 angkatan yang ditraining dalam program ini dengan jumlah peserta 9.000 orang.

GANN mempunyai visi mewujudkan generasi bangsa yang bernurani, berpikir positif, serta berperan aktif dalam pencegahan penggunaan narkoba. “Yang kami bidik adalah kalangan remaja atau mahasiswa dengan motto sebarkan bahayanya, laporkan penggunanya dan selamatkan korbannya,” pungkas lelaki yang akrab dipanggil Bang Riza ini.  (M. Furqon).