Gedung PKM, BERITA UIN Online— Puluhan mahasiswa UIN Jakarta belajar langsung menjadi anchor televisi dari salah satu anchor news Metro TV, Sara Wayne, dalam kegiatan Metro TV Berbagi hasil kerjasama Bagian Kemahasiswaan UIN Jakarta dan Metro TV di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Kamis (12/4/2018). Dalam acara bertajuk ‘How to Be a Good News Anchor’, Sara berbagi pengetahuan dan pengalamannya sebagai anchor stasiun TV swasta yang berdiri sejak 2000 tersebut.

Dalam presentasinya, Sara menuturkan, keinginan menjadi anchor televisi terbuka bagi para sarjana prodi apa pun. Hanya saja mereka harus melewati seleksi dan kemampuan untuk terus belajar dan mengasah diri. Pasalnya, seorang anchor harus siap melakukan wawancara kapan pun dengan narasumber dari berbagai latar belakang.

“Terutama di era global, seorang anchor harus siap mewawancara narasumber yang berbeda bahasa. Kemampuan bahasa menjadi prasyarat penting,” katanya.

Selain itu, seorang anchor juga harus selalu siap diterjunkan ke meliput ke lapangan, tetap meningkatkan wawasan, mampu mengelola dan memilah informasi yang layak, tampil percaya diri, dan selalu terbuka untuk berkomunikasi dan bergaul. “Selalu siap, komitmen, rendah hati, dan tidak bergantung pada satu sumber dalam penyajian informasi juga menjadi keharusan bagi seorang anchor,” paparnya lagi.

Terpisah, Kasubbag Bina Bakat dan Bina Mahasiswa, Raden Trisno Muh. Riyadhi, S.Kom., M.M menjelaskan, kegiatan Metro TV Berbagi kali ini sengaja dilakukan guna mengenalkan dunia profesi bagi para mahasiswa UIN Jakarta. “Dengan begitu, setidaknya mereka mengenal salah satu profesi yang bisa mereka tekuni selepas jadi sarjana,” jelasnya. (farah nh/yuni nk/zm)