Mahasiswa FITK Ikuti 4th Asean Future Leaders Summit  (13-25/07).

Mahasiswa FITK Ikuti 4th Asean Future Leaders Summit (13-25/07).

Gd. FITK, BERITA UIN Online— Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta berhasil mengikuti 4th ASEAN Future Leaders Summit 2016. Acara bertujuan mempersiapkan dan meningkatkankemampuan pemimpin dimasa depan, sekaligus sebagai ajang promosi budaya dari masing-masing negara.

Bertempat di dua negara yaitu Malaysia dan Thailand, acara yang diselenggarakan oleh Asosiasi Mahasiswa Pascasarjana (Postgraduate Students Association) Universiti Sains Malaysiaini berlangsung selama 13 hari, Rabu-Senin, (13-25/07).

Firdaus Habibi mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris (FITK) semester VI, berhasil terpilih mengikuti acara tersebut bersama 14 orang temannya dari berbagai kampus di Indonesia. Tidak sia-sia, perwakilan dari Indonesia berhasil mendapatkan  penghargaan terbaik ketiga dalam pemaparan program peningkatan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).

Saat tim BERITA UIN Online menyambanginya, Habibi (sapaan akrabnya) mengaku bersyukur dapat mengikuti acara tersebut, dia juga bercerita tentang tahapan-tahapan yang harus dilalui sampai akhirnya lolos sebagai peserta dalam acara tersebut.

“Untuk masuk dalam daftar 170 mahasiswa yang lolos, saya harus bersaing dengan 900 pendaftar dari negara-negara ASEAN. Delegasi Indonesia sendiri yang berhasil lolos hanya 14 orang dari berbagai kampus. Sebelumnya,saya harus melewati seleksi formulir pendaftaran, essay, motivation letter, dan Curriculum Vitae (CV),” kisahnya kepada BERITA UIN.

Ditambahkannya, dengan mengikuti kegiatan ini, banyak hal baru yang dia dapat, tidak hanya teman dan pengalaman baru. Lebih jauh, dia dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi negara-negara ASEAN saat ini.

“Selama disana saya mengikuti beberapa kegiatan, diantaranya pelatihan kepemimpinan (Leadership workshop) tentang “Ensuring the Quality Leadership of ASEAN Future Leaders with 10 Qs”, mengikuti sesi pleno (Plenary session), sampai pada pemaparan program peningkatan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals) yang telah dilakukan di masing-masing negara,” paparnya.

Sebagai informasi, bagi pria berkacamata ini, pengalaman ini adalah kali kedua di tahun ini. Sebelumnya, pada bulan Maret lalu ia berhasil mengikuti ASEAN Youth Leaders Exchange and Action Program (AY-LEAP) 2016 di Singapur, yaitu kegiatan yang diinisiasi oleh ASEAN Youth Leaders’ Association–Singapore di bawah naungan Agape Group Holdings Ltd, Character and Leadership Academy Singapore Group. (Laporan Ahmad Hamdani/lrf).

 

Share This