Kontingen debat Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta kembali mengikuti kontes Indonesia Universities Arabic Debating Championship (IUADC) tingkat nasional, dan berhasil meraih juara tiga pada perhelatan yang baru pertama kali dilaksanakan itu. Acara yang menerapkan sistem Asean Parliamentary Debate dan Qatar Debate ini bertempat di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta,  Kamis-Minggu (12-15/05).

Kontingen debat Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta kembali mengikuti kontes Indonesia Universities Arabic Debating Championship (IUADC) tingkat nasional, dan berhasil meraih juara tiga pada perhelatan yang baru pertama kali dilaksanakan itu. Acara yang menerapkan sistem Asean Parliamentary Debate dan Qatar Debate ini bertempat di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Kamis-Minggu (12-15/05).

Yogyakarta, BERITA UIN Online—Kontingen debat Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta kembali mengikuti kontes Indonesia Universities Arabic Debating Championship (IUADC) tingkat nasional, dan berhasil meraih juara tiga pada perhelatan yang baru pertama kali dilaksanakan itu. Acara yang menerapkan sistem Asean Parliamentary Debate dan Qatar Debate ini bertempat di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Kamis-Minggu (12-15/05).

Mengenai hal ini, Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Dirasah Islamiyah (FDI) Dr Ahmadi Usman MA mengatakan, pendelegasian tim debat FDI bertujuan untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman baru, serta mampu bersaing dengan universitas-universitas lain untuk mengharumkan nama Fakultas dan Universitas.

“Pada debat kali ini, sistem yang diterapkan sedikit berbeda, 5 kali penyisihan sebelum diambil 8 tim peraih poin teratas untuk masuk ke babak knock out,” ujarnya.

Masih menurut Ahmadi, sebelum delegasi FDI yang terpilih diberangkatkan, mereka telah melewati tahap seleksi bersama sejak awal Mei, dan melakukan pelatihan rutin di bawah bimbingan Wakil Dekan Bidang Akademik Dr Ahmadi Usman MA dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Dr Cahya Buana MA.

Adapun mahasiswa yang berhasil terpilih menjadi delegasi tim debat Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) UIN Jakarta adalah, In’amuzzahidin Ali (semester VI), Adhitya Agustian Pratama (semester IV), Indra Choirul Umam (semester IV), dan Khoirul Mufid Zubairi (semester II).

Salah satu peserta tim debat UIN Jakarta In’am, saat ditemui BERITA UIN Online mengatakan, “Jerih payah kami selama beberapa hari terakhir ini, terbayar sudah dengan capaian yang cukup membanggakan ini, ” Ujarnya.

Acara yang diprakarsai Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta ini diikuti oleh sejumlah universitas, diantaranya UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Trunojoyo, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Universitas Gajah Mada, IAIN Jember, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Sebelas Maret Solo, STAIS Pandanaran, dan UIN Sunan Ampel Surabaya. (Laporan In’amuzzahidin Ali/ LRF)

Share This