Cirebon, BERITA UIN Online— Budi Andrianto mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) semester empat kembali meraih juara dua ajang kompetisi yang digelar pada Gebyar Bahasa Arab 2018 Tingkat Nasional, di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Rabu (11/04).

Kedua ajang yang berhasil dijuarai oleh Budi antara lain Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK), dan Essai Bahasa Arab. Pada MQK, Budi berhasil meraih juara 1, setelah sebelumnya harus menumbangkan 49 delegasi dari berbagai universitas dan pesantren se Indoonesia.

Sedang pada lomba Essai Bahasa Arab, dirinya meraih juara 2. Akan tetapi, hal tersebut merupakan peraihan yang patut dibanggakan. Pasalnya, itu kali pertama bagi Budi mengikuti lomba Essai Bahasa Arab.

“Ke depannya tentu saya akan berusaha semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang lebih baik lagi. Tentunya, hal tersebut harus dibarengi oleh komitmen dan lebih giat lagi dalam mendalami dunia kepenulisan Bahasa Arab,” terang Budi kepada tim BERITA UIN Online.

Baginya, tambah Budi, dunia perlombaan adalah salah satu wahana pembelajaran paling menantang yang memang harus diikuti agar terus dan terus terasah sekaligus memotivasi dirinya dalam mempelajari dan mengembangkan kemampuan Bahasa Arab.

Sebagai informasi, perolehan juara ini bukan yang pertama kali buat Budi. Di mana sebelumnya, Budi berhasil menjuarai event MQK yang dihelat berbagai Universitas dalam skala nasional seperti FAN (Festival Arab Nusantara) Desember 2017, di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, FESBA (Festival Bahasa) Februari 2018, di IIQ Jakarta, dan yang terakhir sebagai juara pertama dalam MQK SAHARA Maret 2018 lalu. (lrf/as)

Share This