Lampung, BERITA UIN Online— Dalam upaya memberdayakan dan  meningkatkan sumber ekonomi warga, mahasiswa Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI) Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDIKOM) UIN memberikan pelatihan kerajinan tangan merajut bagi para ibu rumah tangga di Desa Negara Batin, Kecamatn Jabung, Lampung Timur. Kegiatan yang diikuti puluhan ibu rumah tangga ini dilakukan di rumah salah satu warga, Jum’at (08/12/2017).

Tiara Imelia, mahasiswi BPI, menjelaskan pelatihan merajut bertujuan meningkatkan kreatifitas warga. “Mudah-mudahan dengan adanya pelatihan ini, bisa menambah keterampilan masyarakat, serta bisa dijadiikan sumber  pendapatan,”ujarnya.

Ia menambahkan kegiatan ini akan dilaksanakan  berkala, dan dilakukan minimal dua kali dalam satu minggu. Dari pelatihan ini warga dibekali cara membuat dompet, bros serta tas yang berbahan dasar benang rajut. “Hasil kerajinan ini juga, nantinya akan ditampilkan pada pameran tahun baru di lapangan Jabung,”ungkapnya.

Halimah (52) salah satu warga yang mengikuti pelatihan ini merasa senang dengan adanya pelatihan, ia mengaku bahwa kerajinan tangan memang sudah ia tekuni beberapa tahun terakhir. “Saya terkadang membuat tas dari sampah plastik, adanya pelatihan ini bisa menambah pengetahuan baru,”tuturnya.

Berbeda dengan Halimah, Faridah (32) mengaku sebelumnya belum pernah membuat kerajinan apapun. Sehari-hari pergi ke ladang dan mengurus rumah tangga, dirinya merasa terhibur dengan melakukan kegiatan merajut

“Saya semangat sekali ikut kegiatan ini, karena di waktu senggang saya bisa memanfaatkannya untuk merajut,”tutupnya. (farah nh/hasanah/zm)