Gedung FITK, BERITA UIN Online – Program Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta kembali menerima mahasiswa baru tahun akademik 2017/2018. Program ini hanya terbuka untuk lulusan S1 jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa dan Sastra Arab, dan atau Dirasat Islamiyah dengan IPK minimal 2,75 dari perguruan tinggi terakreditasi.

Ketua Program Magister PBA Dr Muhbib Abdul Wahab mengatakan, penerimaan calon mahasiswa Magister PBA dilakukan secara online dan dibuka setiap hari kerja. Peserta yang akan mendaftar terlebih dahulu harus login setelah membayar biaya pendaftaran di bank yang ditunjuk.

“JIka sudah membayar biaya pendaftaran, silakan login di laman http://spmb.uinjkt.ac.id untuk mengisi biodata diri dan mencetak kartu ujian,” kata Muhbib kepada BERITA UIN Online di gedung FITK, Jumat (17/2/2017).

Menurut Muhbib, calon mahasiswa yang sudah mendaftar akan diseleksi pada 2-3 Agustus 2017 di gedung FITK. Materi seleksi meliputi Tes Potensi Akademik, TOEFL dan TOAFL, dan Proposal Tesis. Sedangkan pengumuman kelulusan akan dilakukan pada 10 Agustus 2017 dan daftar ulang pada 11-30 Agustus 2017.

“Perkuliahan untuk Program Magistet PBA akan dimulai pada 6 September 2017 bersamaan dengan program S1,” kata mantan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FITK tersebut.

Magister PBA merupakan program yang mengembangkan kebahasaaraban dan pendidikan bahasa Arab. Tujuannya selain untuk meningkatkan kualitas sistem pembelajaran bahasa Arab pada lembaga pendidikan Islam di Indonesia, juga membudayakan tradisi penelitian dan pengembangan keilmuan kebahasaaraban dan pendidikan bahasa Arab bagi para peserta.

“Sistem perkuliahannya bersifat reguler dan pendidikannya dapat ditempuh selama empat semester atau sebanyak 44 SKS termasuk tesis,” jelas Muhbib. (ns)

 

Share This