MA As-Syarifah Mranggen Demak Kunjungi UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Diorama, BERITA UIN Online–Sebanyak 44 siswa Madrasah Aliyah (MA) As-Syarifah Mranggen Demak, Jawa tengah  mengunjugi UIN Jakarta, pada Jum’at (3/11/2013). Kunjungan tersebut digelar dalam rangka untuk memperkenalkan dan mengetahui lebih dekat tentang perkuliahan, program studi, tata cara  pendaftaran di UIN Jakarta, dan sebagainya.

“Kami datang ke sini untuk memperkenalkan perguruan tinggi negeri (PTN) yang ada di di Indonesia kepada siswa-siswi kami. Jadi PTN itu banyak, salah satunya itu UIN Jakarta ini,” papar Kepala Sekolah MA As-Syarifah, Drs Ahmad Salik, di ruang Diorama Auditorium Prof Dr Harun Nasution.

Menurutnya, pihaknya sengaja membawa rombongan para siswa kelas XI (kelas II Jurusan IPA dan Bahasa) agar mereka punya gambaran perkuliahan dan kampus yang diinginkan sesuai dengan minat mereka. “Mereka ini kelas II. Jadi nantinya ketika kelas III, mereka diharapkan sudah ada bayangan ketika ingin kuliah di mana. Jadi mereka nanti  tidak bingung lagi,” terangnya.

Ia menambahkan, informasi tentang UIN Jakarta diperlukan para siswa, karena selama ini mereka belum banyak mengetahui UIN Jakarta. “Kami mendapatkan informasi tentang UIN Jakarta dari teman yang juga dosen di sini. Untuk mengetahui secara langsung, kami mengajak para guru dan siswa,” katanya.

Sementara Kepala Biro Akademik dan Kemahasiwaan (AAK) Drs Zainal Arifin MPdI,  menyatakan, UIN Jakarta mengapresiasi kunjungan rombongan MA As-Syarifah. “Kami ucapkan terima kasih atas kunjungan ini,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Dijelaskannya, UIN Jakarta adalah aset milik umat Islam. Karena itu diperlukan bibit-bibit yang unggul untuk memgembangkannya.”Kehadiran adik-adik untuk meneruskan di kampus ini merupakan usaha untuk meneruskan perjuangan UIN Jakarta,” imbuhnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung dari pukul 13.30-14.30, para guru dan siswa sangat antusias untuk mendapatkan informasi tentang UIN Jakarta.”Apakah setelah lulus mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ada ikatan?”tanya Slamet, guru MA As-Syarifah.

Tak mau ketinggalan dengan gurunyaa, sejumlah siswi menyampaikan beberapa pertanyaan lain. “Apakah ada beasiswa bagi mahasiswa yang hafal al-Qur’an?” tanya Siti Khairiyah. Dan tentunya masih banyak pertanyaan lain dari para siswa.

Setelah mendapatkan informasi dari tim Bagian Sistem Informasi, rombongan MA As-Syarifah melakukan visitasi ke sejumlah fakultas  dan unit di Kampus I. (da /Saifuidn)