MA Ar-Risalah Sumbar Kunjungi UIN Jakarta

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Reporter: Sumarlin Surya

Ruang Diorama, UIN Online – Sebanyak 62 siswa Madrasah Aliyah Ar-Risalah, Sumatera Barat, mengunjungi kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Mereka diterima Kepala Bagian Akademik Drs Marzuki Mahmud MA, di Ruang Diorama, Senin (8/11).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka memperkenalkan sistem masuk perguruan tinggi negeri UIN Jakarta dan memperkenalkan lingkungan UIN Jakarta kepada para siswa Madrasah Aliyah Ar-Risalah.

Menurut Marzuki, mulai tahun akademik mendatang kuota penerimaan mahasiswa baru di UIN Jakarta akan mengalami perubahan. “Tahun depan akan ada perubahan mengenai banyaknya kuota masuk di UIN Jakarta, karena ada informasi dari Kemendiknas mengenai PP. No 26 tahun 2010, yang menyatakan bahwa 60 persen jalur masuk perguruan tinggi negeri berada di SMPTN,” katanya.

Selain melalui SMPTN, Marzuki menjelaskan, UIN Jakarta juga membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui PMDK  dan Ujian Mandiri. Dia berpesan agar para siswa MA Ar-Risalah selalu optoimis dapat masuk ke UIN Jakarta, karena peluang masuk tahun depan cukup besar.

Selain menjelaskan jalur penerimaan mahasiswa baru, Marzuki juga menjelaskan berbagai pilihan program studi di UIN Jakarta dan fasilitas yang tersedia di kampus untuk menunjang proses belajar mengajar. Di akhir acara, Marzuki membuka sesi tanya jawab kepada siswa MA Ar-Risalah. Suasana pun menjadi lebih hangat dan komunikatif.

Dalam beberapa tahun terakhir, UIN Jakarta memang  kerap dikunjungi berbagai sekolah di Indonesia. Tapi, selain menerima kunjungan, pihak UIN Jakarta sendiri juga kerap mendatangi sekolah-sekolah tersebut. Tahun ini UIN Jakarta menargetkan untuk mempromosikan diri kepada 2.000 Sekolah Menengah Atas, Madarasah Aliyah, serta pesantren di seluruh pelosok Indonesia. []