LPM Serahkan Bantuan Tong Sampah

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone


Ciputat, BERITA UIN Online – Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM), Sabtu (29/10), menyerahkan bantuan sedikitnya 20 tong sampah kepada sejumlah masjid yang ada di Kelurahan Cempaka Putih, Ciputat Timur. Selain tong sampah, bantuan lain adalah sebuah tirai penutup untuk memandikan mayat. Bantuan diserahkan melalui Kepala Kelurahan Cempaka Putih H. Aslih, disaksikan penyuluh LPM Dra Mastanah MSi di kantor kelurahan setempat.

Menurut Mastanah, bantuan peralatan kebersihan dan tirai merupakan salah satu realisasi dari Program Desa Binaan yang digarap LPM untuk tahun anggaran 2011. “Tahun ini sedikitnya ada 10 kelurahan yang menjadi desa binaan LPM di wilayah Kota Tangerang Selatan. Masing-masing kelurahan mendapat bantuan sebesar Rp 30 juta untuk kegiatan program-program unggulan masyarakat,” katanya. Kesepuluh kelurahan itu adalah Cempaka Putih, Pisangan, Kedaung, Babakan, Setu, Muncul, Pondok Jaya, Rempoa, Bakti Jaya, dan Kademangan.

Di Kelurahan Cempaka Putih, jelas Maskanah, program-program unggulan masyarakat yang sudah dilaksanakan meliputi pembinaan usaha kecil untuk para tukang ojeg dan tukang becak; pembinaan pengurus majelis taklim, PKK, posyandu; serta pembinaan pengelola remaja masjid. Adapun di kelurahan lain, program-program unggulan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat.

“LPM tidak mendesain program. Semua diserahkan kepada tingkat kebutuhan kelurahan masing-masing,” ujarnya. Bantuan LPM UIN Jakarta kepada kelurahan dilakukan sebagai upaya turut mensejahterahkan masyarakat. Hal itu juga sekaligus sebagai wujud nyata pengabdian masyarakat sesuai tri dharma perguruan tinggi.

Kepala Kelurahan Cempaka Putih H. Aslih menyatakan, bantuan UIN Jakarta melalui LPM cukup membantu masyarakat. Apalagi dengan anggaran kelurahan yang terbatas, sehingga tidak mampu meng-cover seluruh kebutuhan masyarakat yang ada di wilayahnya.

“Kami sangat berterima kasih kepada UIN Jakarta. Mudah-mudahan bantuan yang diberikan berguna bagi peningkatan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di Kelurahan Cempaka Putih,” katanya. (ns)