LP2M UIN Jakarta Gelar Peluncuran Program Akademik Internasional

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

DSC_0073 - CopyUni Club, BERITA UIN Online– Dalam rangka melepas peserta Program Akademik Internasional UIN Jakarta, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menggelar acara Peluncuran Program Akademik Internasional Baru UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (a Grand Launching of UIN’s New International Academic Programs) Rabu (26/8/2015).

Acara yang dihelat bekerjasama dengan Pusat Layanan Kerjasama Internasional (PLKI) ini mengundang 11 duta besar negara tujuan program, yaitu Australia, Austria, Siprus, Jerman, Maroko, Malaysia, Brunei Daarussalam, Singapura, Mesir, Jepang dan Inggris.

“Duta-duta besar itu kita undang untuk santap siang bersama para peserta yang akan melaksanakan program akademik internasional di negara-negara tersebut,” ujar Ketua LP2M, Dr M Arskal Salim MA di ruang Uni Club Auditorium Harun Nasution.

Arskal menyebutkan, ada empat program akademik internasional yang dilaksanakan UIN Jakarta, yaitu International Students Exchange (ISE), Research Fellowships, Collaborative Research dan Visiting Professors.

“ISE sedang kita laksanakan. Tiga orang mahasiswa UIN Jakarta sudah dikirim ke University of Western Sydney (UWS) selama satu semester, akhir Juli lalu sampai Desember. Hari ini kita akan melepas peserta program Research Fellowships, Collaborative Research dan Visiting Professors.

Sementara itu, Rektor dalam sambutan pelepasannya mengatakan, program yang dilaksanakan ini merupakan program akademik internasional baru yang dilaksanakan UIN Jakarta.

“Selamat kepada para peserta program, semoga kesempatan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, sehingga UIN Jakarta lebih mendapatkan perhatian dunia internasional,” ujar Dede.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Senat UIN Jakarta Prof Dr Atho Mudzhar MA dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Rektor untuk realisasi program internasional akademik yang sedang dan akan dilaksanakan tersebut.

“Semoga program ini terus berkembang dan dapat dilaksanakan di beberapa negara di dunia dalam rangka mendorong UIN Jakarta menuju World Class University,” pungkas Atho.

Diketahui, ada 41 peserta yang tercatat dalam program tersebut. 3 orang Visiting Professors, yaitu Prof Dr Amani Lubis MA (Ibnu Thufail University Maroko), Prof Dr Zaitunah Subhan MA (Library of ISMC London UK), dan Prof Dr Lily Surayya Eka Putri Menv Stud (AMBL Kyshu University Japan).

Sementara untuk Collaborative Research terdapat 32 peserta dengan 9 Team Leader, yaitu Siti Nurul Azkiya PhD dan 2 anggota tim ke Siprus, Pheni Chalid MA PhD dan 4 anggota tim ke Jerman, Dr U Maman dan 1 anggota tim ke Australia, Dr Khamami Zada dan 3 anggota tim ke Austarlia dan Singapura, Husni Teja Sukmana PhD dan 3 anggota tim ke Austria dan Malaysia, Dr Phil Syafiq Hasyim MA dan 3 anggota tim ke Jerman dan Australia, Dr M Syairozi D dan 3 anggota tim ke al-Azhar Mesir, Prof Dr Armai Arief MA dan 3 anggota tim ke Brunei Daarussalam dan Malaysia, dan Prof Dr Ahmad Bachmid 2 anggota tim ke UKM Malaysia.

Sedangkan untuk Research Fellowships diikuti lima peserta, yaitu Ismatu Ropi PhD ke Australian National University, Dr Yusuf Rahman MA ke University of Melbourne Australia, dan Dr Ahmad Juaini Syukri ke Maroko. Sementara peserta dari luar negeri yang mengikuti program Research Fellowships di UIN Jakarta, yaitu Susan Waller dari Monash University, Ai Ogata PhD Candidate dari St Luke’s International Japan dan Prof Madya Wael Ali MS dari Universitas Ain Syams Mesir.

Selain dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Fadhilah Suralaga MSi, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof Dr Murodi MA, sejumlah dekan fakultas, Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerjasama Drs Zainal Arifin MPdI, Ketua LPM Dr Sururin MA, dan Kepala PLKI Rachmat Baihaky MA, turut hadir dalam acara tersebut Prof Dr John Edy dan Rebecca Alhadeef dari Washington University Amerika, dan Kepala Bagian Kerjasama Luar Negeri Kemeterian Agama Drs Agus Sholeh MEd.