LP2M adakan Workshop Pengembangan Kultur Akademik

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Diorama, Berita UIN OnlineLembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Maysarakat (LP2M) menggelar acara Workshop Pengembangan Kultur Akademik Bagi Mahasiswa Baru. Workshop dimaksudkan untuk mengembangkan skill mahasiswa baru dalam budaya akademik di UIN Jakarta.

Acara yang di buka oleh Ketua LP2M Prof Dr Arskal Salim GP MA ini, dilaksanakan pada Senin, (24/10) bertempat di Ruang Diorama. Dalam sambutannya, Arskal menghimbau agar mahasiswa mulai mengembangkan dirinya di ranah penelitian. “LP2M mengadakan workshop ini tidak lain untuk memotivasi mahasiswa, agar tidak hanya memiliki skill dalam hal menulis, namun juga mulai mendidik diri untuk mampu melakukan penelitian,” ungkapnya.

Hadir pula pada acara yang diikuti sedikitnya 40 peserta ini, Dr Rena Latifah dosen Psikologi UIN Jakarta. Dalam pemaparannya, Rena menyuguhkan strategi–strategi jitu untuk lulus dan sukses dalam belajar dan meneliti. Selain itu, Rena memberikan pemaparan tentang regulasi diri untuk dapat mencapai cita–cita.

“Untuk memulai belajar, kita harus mengidentifikasi diri baik dari segi fisik, psikologis, dan lingkungan,” tandas Rena yang juga merupakan peneliti LP2M.

Hasil pantauan tim BERITA UIN Online dilokasi, terlihat para peserta yang hadir dari berbagai Fakultas tersebut menyimak setiap materi yang diberikan oleh narasumber dengan seksama.

Keseruan workshop memuncak ketika, peserta diajak berkeliling perpustakaan dan diarahkan secara langsung mengakses data dan referensi baik dokumen , film, dan video yang berkaitan dengan bidang yang digeluti oleh Mu’min Rouf, salah satu Peneliti LP2M. “Perpustakaan  itu sebagai wadah belajar,” ujar mu’min mengakhiri Workshop tersebut. (lrf/fnh/Laporan Furba Indah)