Gd. Lemhanas, BERITA UIN Online— Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) RI mendorong seluruh instansi pemerintahan merevitalisasi fungsi jajaran hubungan masyarakat (humas) masing-masing. Paradigma dan peran humas instansi pemerintahan yang professional, berintegritas, dan berwawasan kebangsaan yang kuat akan efektif dalam menjelaskan kinerja pemerintahan kepada publik.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur Lemhanas RI, Laksamana Madya TNI Dr Didit Herdiawan MPA MBA, mewakili Gubernur Lemhanas Prof Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, D.E.A. saat membuka acara Pertemuan Tematik Bakohumas di Gd. Dwi Warna Purwa, Lemhannas RI pada Rabu (02/09). “Saya ingin mengajak seluruh jajaran kehumasan pemerintah untuk merevitalisasi diri melalui perubahan paradigma dan mindset kehumasan pemerintah yang profesional, berintegritas dan berwawasan kebangsaan yang kuat,” ujarnya.

Didit menambahkan, Humas merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam mengkomunikasikan berbagai kebijakan dan mempengaruhi publik untuk mendukung program-program pemerintah. “Hal ini penting untuk dipahami mengingat kesimpangsiuran informasi yang senantiasa berkembang di tengah masyarakat dapat menimbulkan kegaduhan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan yang berujung pada melemahnya ketahanan nasional bangsa,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo), Djoko Agung Haryadi mengatakan, koordinasi dan komunikasi fungsi humas kementerian/ lembaga masih belum optimal. “Kementerian dan lembaga dalam komunikasi, umumnya jalan sendiri-sendiri. Entah karena ego sektoral atau lainnya. Karenanya keberadaan forum pertemuan ini sangat penting,” kata Djoko.

Diketahui, bekerjasama dengan Bakohumas Pusat, Lemhanas RI menyelenggarakan Pertemuan Bakohumas 2015 di Dedung Panca Gatra Lemhanas RI, Rabu-Jumat (02-04/2015). Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 400 peserta dari humas kementerian/badan/lembaga pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, DPRD, TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri, perguruan tinggi negeri, BUMN/BUMD, dan diskominfo provinsi (Bakohumasda) di seluruh Indonesia.

Pada kegiatan tersebut, forum Bakohumas yang diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian HUT Emas ke-50 LEMHANAS RI mengambil tema “Efektivitas Peran Humas dalam Implementasi Inpres No. 9 tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik Guna Mewujudkan Ketahanan Nasional”. Sejumlah pejabat di lingkungan pemerintahan turut menghadiri kegiatan seperti Wakil Sekretaris Kabinet Bistok Simbolon, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs Suhardi Alius MH, Ketua Umum Bakohumas Plt Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo RI Ir Djoko Agung Harijadi MM, para Deputi, Tenaga Pengajar, Tenaga Pengkaji, Tenaga Profesional, dan pejabat struktural Lemhannas RI. (ZM)

Share This