Lembaga Pers Mahasiswa Universitas

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) INSTITUT merupakan salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berada di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Lembaga ini didirikan tahun 1984 oleh Safari ANS dan rekannya Sudirman Teba yang saat itu berada dibawah koordinasi senat mahasiswa dengan nama Lembaga Penerbitan Mahasiswa (LPM) INSTITUT. Seiring pergantian kepengurusan selama beberapa periode dan berbagai problematika zaman, lembaga ini pada akhirnya merubah nama menjadi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) INSTITUT. Nama “INSTITUT” sendiri diambil dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, walaupun sudah berubah nama menjadi universitas islam negeri (UIN) nama INSTITUT tetap dipakai sebagai identitas organisasi karena nama tersebut telah banyak dikenal masyarakat luas.

Disaat pihak kampus membentuk badan semi otonom berbentuk UKM, LPM INSTITUT memisahkan diri dari koordinasi senat mahasiswa menjadi UKM yang dalam kebijakannya mempunyai kewenangan tersendiri. Dalam perjalanannya INSTITUT berusaha memfasilitasi talenta mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk bergelut dibidang jurnalistik, dan terbukti dari banyak alumninya tersebar di media-media nasional.

Sejak awal berdiri LPM INSTITUT telah berkomitmen untuk tampil mengusung semangat idealisme dalam rangka menyuarakan aspirasi rakyat dengan format yang berpihak terhadap kaum lemah, menjadi anjing penjaga kekuasaan, dan melindungi keutuhan demokrasi dengan menyediakan forum-forum opini publik. Setidaknya tujuan tersebut telah dijalankan LPM INSTITUT dari awal berdiri sampai saat ini baik dalam ruanglingkup kampus maupun nasional.

Sejauh ini, sudah cukup lama LPM INSTITUT berkiprah dalam dunia pers mahasiswa, baik dilingkungan pers mahasiswa se-jabotabek maupun dilingkungan pers nasional. Kiprah tersebut setidaknya telah dimulai sejak penerbitan SKM, diikuti berbagai terbitan lain seperti Majalah INSTITUT, Jurnal INSTITIUT, Newsletter INSTITUT, bulletin INSTITUT dan buku.

Visi

“Menjadi media alternatif yang independen, idealis, serta sesuai fungsi pers untuk sivitas akademika dan masyarakat.”

Misi

  • Mencegah interversi dalam bentuk apapun yang mengancam independensi lembaga.
  • Ikut andil dalam mengembangkan budaya intelektual mahasiswa yang kritis dan idealis.
  • Menjembatani aspirasi sivitas akademika dan masyarakat.

Motto:

Menyuarakan Kebebasan, Keadilan, dan Kejujuran

Kegiatan Rutin LPM INSTITUT:

Training Pers Institut (TPI)

TPI adalah pendidikan yang diselenggarakan LPM INSTITUT untuk para mahasiswa yang ingin menjadi anggota INSTITUT, jangka waktu pendidikan selama 1 bulan yang kemudian dilanjutkan praktik langsung di lapangan. Untuk para pengisi materi di datangkan dari media nasional termasuk para alumni INSTITUT yang telah berkiprah menjadi wartawan nasional.

Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL)

Setelah melewati TPI jenjang pendidikan selanjutnya PJTL, materi yang diberikan PJTL lebih tinggi tingkatannya, jika di TPI calon anggota diberikan materi-materi dasar tentang jurnalistik maka di PJTL materi yang diberikan seperti Jurnalisme Investigasi, Jurnalisme sastrawi, Survive Jurnalism, Dll.

Pelantikan Anggota LPM INSTITUT

Pelantikan anggota INSTITUT dilaksanakan manakala para calon anggota telah melewati  jenjang pendidikan selama satu tahun. Tempat pelantikan biasanya dilakukan diluar kampus.

Studi Banding Persma Daerah

Untuk menjalin silaturrahmi antar persma se-Indonesia LPM INSTITUT setiap tahunnya mengadakan study banding antar daerah. Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat terutama bagi anggota baru untuk mengenal lebih luas tentang dunia pers mahasiswa di luar organisasinya sendiri, selain itu ada hal positif lainnya yakni bisa saling bertukar pikiran tentang budaya, pendidikan, dan jenis terbitan yang ada di organisasi masing-masing.

Studi Banding Persma Jakarta

Kegiatan studi banding antar persma Jakarta dilakukan untuk mempererat tali silaturrahmi serta untuk mengetahui sistem dalam pers tersebut. kegiatan ini dilaksanakan setelah menjadi anggota INSTITUT.

Studi Banding Media Nasional

Untuk menambah khazanah keilmuan tentang jurnalistik LPM INSTITUT mengadakan studi banding ke media nasional seperti Kompas, Gatra, Okezone, Tempo dan media nasional lainnya.

Diskusi

Diskusi dilakukan seminggu sekali, tema yang diangkat dalam diskusi akan disediakan oleh pengurus yang membidangi kajian, selain itu tidak menutup kemungkinan isu juga dapat disesuaikan dengan kesepaktan bersama.

Forum Keluarga Besar LPM INSTITUT

Forum ini dihadiri oleh seluruh keluarga besar LPM INSTITUT dari pendiri sampai anggota baru. Acara ini biasanya dilakukan satu tahun sekali bersamaan dengan buka puasa bersama yang diadakan INSTITUT.

Penerbitan

LPM INSTITUT  memiliki beberapa jenis penerbitan yang setiap jenis terbitannya memiliki cirikhas tersendiri baik dari segi layout maupun isinya. Empat jenis terbitan berupa: Tabloid, Newsletter  Institut, Web INSTITUT, dan Tuins (berita untuk calon anggota).

Dies Natalis LPM INSTITUT

Hari ulang tahun LPM INSTITUT yang bertepatan pada malam natal (24 Desember).

Forum Pers Mahasiswa Se-Jakarta (FPMJ)

Perkumpulan ini diikuti oleh pers mahasiswa yang terdiri dari beberapa kampus di Jabodetabek.

Musyawarah Tertinggi INSTITUT (Musti)

Musti dilaksanakan setiap akhir periode kepengurusan untuk menentukan Anggran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) serta untuk memilih pemimpin umum yang akan menjabat periode berikutnya.

Musyawarah Luar Biasa (Muslubi)

Muslubi dilakukan dipertengahan periode kepengurusan untuk mengambil keputusan penting organisasi. Misalnya penentuan arah kebijakan baru, pengevaluasian program kerja, dan pergantian posisi kepengurusan.

Informasi lengkap mengenai Lembaga Pers Mahasiswa Institut buka tautan berikut LPM Institut