Ciputat, BERITA UIN Online– Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid UIN Syarif Hidayatullah, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UIN Jakarta melalui Pos Solidaritas Umat (PSU) Lembaga Semi Otonom (LSO) menggelar pemotongan hewan kurban pada Sabtu (2/9/2017) di Desa Binaan LDK Syahid.

“Desa tersebut merupakan Kampung Pemulung di Jalan Mawar, Ciputat, Tangerang Selatan,” ujar Ketua LDK Mushab.

Mayoritas profesi para warga di daerah ini, lanjutnya, selain pemulung adalah kuli bangunan dan buruh cuci. Pada Idul Adha kali ini, PSU menerima penyaluran kurban sebanyak 8 ekor kambing. 4 ekor kambing merupakan kurban dari perseorangan, 4 ekor kambing lainnya merupakan iuran dari beberapa forum angkatan LDK Syahid.

Dijelaskannya, sebelum agenda pemotongan hewan kurban di pagi hari, panitia membagikan 100 kupon daging kurban. Selepas salat Zuhur, panitia mulai menimbang dan membagikan daging kurban kepada warga.

Selain daging kurban yang berasal dari pemotongan pada pagi hari, lanjutnya, warga juga mendapatkan 80 kornet Superqurban dari Rumah Zakat. Panitia yang merupakan mahasiswa relawan dari UIN Jakarta juga mengajak anak-anak di Kampung Pemulung untuk membakar sate dan makan bersama.

“Alhamdulillah, suasana Kampung Pemulung begitu ceria pada hari itu,” ujarnya.

Salah satu Koordinator Akhwat PSU Tasya mengungkapkan kebahagiaannya karena bisa berbagi dengan warga kampung pemulung. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menjadi ajang belajar berkurban dan meningkatkan semangat untuk berkurban bagi teman-teman mahasiswa, khususnya anggota LDK Syahid yang terlibat.

“Semoga kurban ini mendapatkan keberkahan dan bermanfaat untuk masyarakat lapak pemulung. Penerima bersyukur karena menerima, pemberi bersyukur karena bisa memberi. Kurban merupakan amalan yang paling dicintai Allah di Idul Adha ini,” tutur Tasya mewakili harapan relawan kurban PSU LDK Syahid. (sarahmotiva/mf)

Share This