Lahirkan Kandidat Debat Tangguh, FLAT Adakan FDC

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Gedung Aula Madya, BERITA UIN OnlineDepartemen Pengembangan Skill Kegiatan Mahasiswa (UKM) FLAT (Foreign Languages Association), menggelar Flat Debate Center (FDC). Acara yang bertema Igniting the Debaters Through Comperhensive Practices ini, dilaksanakan di Gedung Aula Madya Lantai 1, Jum’at (14/12).

Pelatihan diadakan guna membekali anggota FLAT agar memiliki kemampuan debat yang baik, serta melahirkan kandidat-kandidat unggul yang mampu bersaing pada kompetisi debat di berbagai cakupan skala.

Disampaikan Kepala Departemen Pengembangan Skill, Intan Qomariah saat ditemui BERITA UIN Online usai acara. Ditambahkannya, bahwa acara ini diadakan secara berkala dengan tingkatan pelatihan yang berbeda.

“Dimulai Desember, pelatihan berfokus pada pemberian bekal teori dan praktik dari mentor debat yang dikenal dengan Flat FDC Workshop, kemudian di bulan Januari bekal teori dan praktik dari mentor diuji coba dalam sparing debat di lingkuan UIN Jakarta, sedangkan pada bulan Maret, kemampuan debat anggota FDC diujicobakan melalui sparing antar kampus se Jabotabek,”jelas Intan.

Masih menurut Intan, kegiatan ini dilakukan karena kesadaran melihat realita bahwa, komunitas debat di UIN Jakarta sudah menjamur. Namun, mayoritas masih dalam ruang lingkup fakultas.

“Kedepan, Flat bercita-cita untuk mendirikan UIN Debate Center yang terbuka bukan hanya untuk anggota Flat, tapi seluruh mahasiswa UIN yang berminat dan memiliki keahlian baik bahasa Arab maupun Inggris,” katanya.

Sebagai informasi, selebrasi FDC akan digelar pada bulan April. Dalam selebrasi tersebut, Flat akan menggelar kompetisi debat yang akan mempertemukan tim debat dari berbagai universitas se Jabotabek. (lrf/ Laporan rdr)