Masjid Jami’, BERITA UIN Online— Mari kita jadikan bulan penuh rahmat ini sebagai momentum untuk terus memperbaiki diri dalam berbagai hal sekaligus meningkatkan ketaqwaan dan profesionalisme kerja kita.

Demikian cuplikan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) pertama yang disampaikan oleh Rektor UIN Jakarta Prof Dr Dede Rosyada MA, bertempat di Masjid Jami Student Center kampus I UIN Jakarta, Kamis (17/05).

“Mari kita isi momentum bulan penuh rahmat ini sebagai ajang untuk meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita. Selain itu, di bulan penuh ampunan ini, mari kita tingkatkan lagi profesionalisme kerja kita demi kebaikan dan kemajuan umat dan bangsa,” tandas rektor.

Lebih jauh, dalam kesempatan tersebut, rektor sedikit mengangkat kasus yang baru-baru ini terjadi di Indonesia, terutama kasus terorisme. Dirinya berharap, kejadian-kejadian seperti itu tidak terulang kembali di negeri tercinta ini.

“Kita harus menjadi ummatan washatan (moderat), yang menjalankan secara optimal dan penuh kekhusyuan apa yang diyakini, serta memberikan toleransi terhadap keyakinan orang lain yang berbeda darinya,” jelas Guru Besar Manajemen Pendidikan UIN Jakarta tersebut.

Ditambahkannya, kita harus menghargai perbedaan budaya, agama, suku, dan politik yang ada di negara ini, tanpa harus memaksakan kehendak agar orang lain sama dengan kita, begitu juga sebaliknya.

Terkait pembelajaran di UIN Jakarta, pada kesempatan tersebut, rektor menyampaikan bahwa UIN Jakarta senantiasa menghargai dan mengajarkan pluralisme dan multikulturalisme kepada para mahasiswa.

“UIN Jakarta senantiasa menjunjung tinggi pluralisme dan mengajarkan multikulturalisme kepada para mahasiswa. Terbukti, mahasiswa yang ada di UIN Jakarta bukan hanya dari dalam negeri dan bukan hanya beragama Islam. Karena ada beberapa mahasiswa yang ingin belajar Islam di UIN Jakarta,” jelasnya.

Di akhir penyampaiannya, rektor mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1439 H. Dirinya berharap, puasa tahun ini lebih baik dalam segala hal, dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, seperti tahun-tahun sebelumnya, UIN Jakarta kembali menggelar acara Ramadhan in Campus 2018. Di tahun ini, tidak hanya kultum, buka bersama, dan halal bi halal yang akan digelar, namun juga akan diselenggarakan Khotmul Qur’an dan kajian gender pada waktu dan tempat yang telah ditentukan panitia. (lrf)