KPKM UIN Jakarta Diresmikan

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

KPKM, BERITA UIN Online–Tepat pukul 10.55 WIB, Rektor UIN Jakarta Prof Dr Komaruddin Hidayat bersama Duta Besar Jepang dan Wali Kota Tanegrang Selatan meresmikan penggunaan Klinik Pelayanan Kesehatan Masyarakat (KPKM) UIN Jakarta di ruang lobby KPKM Buaran Tangerang Selatan, Selasa (4/12).

Peresmian ditandai dengan pemukulan gong secara bergantian oleh mereka.  Pemukulan gong pertama dilakukan Prof Dr Komaruddin Hidayat mewakili UIN Jakarta, lalu dilanjutkan oleh Wakil Duta Besar Jepang Junzi Shimada mewakili Duta Besar Jepang dan Kepada Dinas Kesehatan Pemeraintah Kota Tangerang Selatan Drs. Dadang MMFed mewakili Wali Kota Tangerang Selatan yang berhalang hadir.

Rektor dalam sambutannya menyatakan, klinik ini didirikan sebagai bentuk amal sosial UIN Jakarta terhadap masyarakat sekitar.  Dengan begitu keberadaan  kampus dapat dirasakan manfaatnya oleh mssyarakat.

Menurutnya, gagasan pendirian KPKM ini berasal dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Jakarta. Pendirian klinik ini tentunya sebuah terobosan dan langkah maju. “Terima kasih kepada teman-teman FKIK yang meng-improve gagasan ini. Ini sebuah prestasi,”katanya.

Sementara pihak pemerintah Jepang mengatakan, pihaknya berharap klinik yang digagas UIN Jakarta ini dapat digunakan untuk kepentingan masyarakayt sekitar dan kepentingan akademis. “Klinik yang baru diresmikan ini dapat digunakan untuk penelitian obat-obatan, medis, dan untuk kepentingan kesehatan masyarakat,”katanya.

Dijelaskannya, Pemerintah Jepang terdorong ikut membantu pendirian klinik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Pendirian klinik untuk kemajuan bangsa Indonesia. Saat ini Indonesia sebagai negara yang ikut dalam kemajuan,”tambahnya.

Acara peresmian dihadiri oleh para pembantu rektor, kepala biro, pejabat Pemerintah Kota Tangerang Selatan, lurah Buaran, sivitan akademik FKIK, dan para tamu undangan. (d antariksa/Saifudin)