Klinik UIN Jakarta Dibutuhkan Warga Kelas Menengah

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone
Apotik KPKM UIN Jakarta di Buaran Serpong Tangerang

Seorang pasien sedang menebus obat di Apotik KPKM UIN Jakarta yang berlokasi di Buaran Serpong Tangerang

Serpong, BERITA UIN Online– Klinik Pelayanan Kesehatan Masyarakat (KPKM) UIN Jakarta yang terletak di Jl H Jamat Gg Rais RT 1/5 Buaran Serpong Tangerang selalu dikunjungi puluhan pasien setiap harinya.

Demikian disampaikan Perawat KPKM Buaran Rafika Dora SKep Ners saat menjadi pengawas ujian SPMB (Seleksi Pendaftaran Mahasiswa Baru) Mandiri UIN Jakarta di Gedung Perpustakaan Utama, Ahad (26/6/16).

“Kita buka dari Senin sampai Jum’at mulai pukul 08.30-15.00 dengan tiga dokter, dua orang perawat, dan satu bidan,” ujar Dora.

Walaupun klinik ini tidak terlalu besar, lanjut Dora, tempatnya cukup untuk praktik satu dokter gigi, dua dokter umum, dan satu orang bidan dengan sekira 40 sampai 70 pasien yang datang setiap harinya. Klinik UIN ini termasuk klinik yang dilengkapi dengan alat modern, seperti dental unit, radiologi, klinik bersalin, asrama, juga terdapat fasilitas penyuluhan dan perpustakaan, serta laboratorium.

“Lumayan lengkaplah dan sangat membantu serta dibutuhkan sekali bagi warga kelas menengah di sini dengan biaya yang sangat murah. Untuk berobat, mereka cukup membayar pendaftaran Rp 5000 saja, tidak ada biaya periksa dokter dan mereka juga sudah bisa dapat obat,” imbuh lulusan Ilmu Keperawatan UGM itu.

Dijelaskannya, untuk layanan kehamilan dan persalinan tersedia juga alat USG untuk melihat kondisi bayi, namun belum bisa untuk mengetahui ukurannya. Di samping itu, untuk persalinan masih dilakukan secara konvensional. “Kita belum bisa melakukan tindakan cesar di sini,” imbuh Dora.

Untuk tindakan yang memerlukan peralatan lebih lengkap seperti operasi cesar, Klinik UIN Jakarta akan merujuk ke RS lain.

Selain di Buaran, UIN Jakarta juga mempunyai klinik lain yang serupa dengan pelayanan dan fasilitas yang sama. Klinik tersebut terletak di Reni Jaya Pamulang Ciputat Tangerang. Di samping untuk pengobatan pasien, klinik ini juga menjadi tempat magang mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta. (mf)