Kinabalu, BERITA UIN Online— Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) Kota Kinabalu, Malaysia, resmi menerima mahasiswa UIN Jakarta yang akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri Internasional di Kota Kinabalu di kantor KJRI setempat, Jumat (28/7/2017). Penerimaan dilakukan melalui serah terima dari perwakilan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat UIN Jakarta, Eva Nugraha MA, kepada Konsul KJRI setempat, Akhmad Daya Handasah Irfan, yang didampingi Konsul Pelaksana Penerangan, Sosial, dan Budaya KJRI Kota Kinabalu, Cahyono Rustam, dan Kepala Sekolah Indonesia Kota Kinabalu, Istiqlal.

Pada kesempatan itu, turut hadir sembilan mahasiswa peserta program KKN di Kota Kinabalu. Kesembilan mahasiswa ini berasal dari tiga fakultas berbeda, dari Fakultas Syariah dan Hukum Nana Supena, Yuli Noviyarni, Maulidiah Maskat, Dewi Fatimah, Diah Ayu, Dara Fitrialyta, dari Fakultas Dirasat Islamiyah Faiz Badridduja, dari Fakultas Sains dan Teknologi M. Hasbi Hilmi, dan dari Fakultas Adab dan Humaniora Ulul Udin Albab.

Sementara itu, dalam sambutannya, Irfan mengungkapkan apresiasinya terhadap mahasiswa dan UIN Jakarta yang melaksanakan program pengabdian di wilayah Kinabalu. Terlebih progam KKN-nya difokuskan pada pemberdayaan warga Negara Indonesia yang tinggal di wilayah ibukota Sabah, Malaysia tersebut. “Mudah-mudahan, teman-teman mahasiswa bisa melaksanakan KKN dengan baik,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Irfan juga menjelaskan kondisi geografis, social, dan kebudayaan setempat, termasuk masyarakat Indonesia yang tinggal dan bekerja di kota itu. Selain itu, Irfan juga menjelaskan kondisi para siswa pada Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) dan berbagai Community Learning Center yang tersebar di seluruh kota Kinabalu. Informasi diperlukan guna sinkronisasi program KKN dengan program SIKK yang berada di bawah kordinasi KJRI.

Senada dengan Irfan, Istiqlal menyambut baik inisatif mahasiswa dan UIN Jakarta melaksanakan KKN di wilayah Kinabalu dengan melakukan pemberdayaan pendidikan masyarakat Indonesia di kawasan tersebut. “Kami menerima dengan baik mahasiswa yang akan melakukan kegiatan kuliah kerja nyata di kota Kinabalu. Selamat datang dan selamat mengabdi,” sambutnya.

Menanggapi itu, Eva menyampaikan terimakasih pada KJRI Kota Kinabalu yang mau menerima mahasiswa program KKN. Eva juga menjelaskan program KKN ke Kota Kinabalu berorientasi pemberdayaan, bukan pelayanan, sehinggia diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang dapat menularkan skill yang dapat di tularkan kepada yang lain, terkhusus anak–anak tenaga kerja Indonesia

“Semoga dengan hadirnya Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah ada bekas yang dapat ditinggalkan di CLC dimana mereka ditugaskan,” tutupnya. (Farah Nh/nana supena/yuni nurkamaliah/zm)

Share This