Kenalkan Google Apps, UIN Jakarta Jalin Kerjasama dengan Google Indonesia

Print This Post Print This Post
Tweet about this on TwitterShare on FacebookShare on Google+Email this to someone

Ruang Diorama, BERITA UIN Online– Dalam rangka memberikan kemudahan kepada sivitas akademik UIN Jakarta untuk mengelola data, Pusat Komputer (Puskom) UIN Jakarta menjalin kerjasama dengan Google Indonesia untuk memperkenalkan layanan aplikasi pengelolaan data dan pengenalan sejumlah aplikasi lainnya yang terangkum dalam fitur Google Apps untuk kepentingan akademik.

“Aplikasi ini resmi akan di-launching di UIN Jakarta setelah dua bulan dari pelaksanaan acara ini,” ujar Direktur Puskom, Dr Husni Teja Sukmana MSc dalam acara yang bertajuk “Forum and Kick Off: How Google Apps can Enhance IT and Education in UIN Syarif Hidayatullah Jakarta” di Ruang Diorama Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Senin (8/4/2013).

Untuk persiapan itu, lanjutnya, Puskom akan membicarakan secara detil dengan pihak Google Indonesia agar apa yang menjadi kebutuhan sivitas akademik UIN Jakarta dapat terfasilitasi.

Husni berharap, dengan adanya kerjasama ini akan lebih memudahkan Puskom dalam memberikan pelayanan akademik kepada sivitas akademik UIN Jakarta.

“Setiap sivitas akademik UIN Jakarta nanti punya email sendiri dengan alamat UIN Jakarta, seperti husni@uinjkt.ac.id, sehingga bisa menaikkan peringkat webometric kita,” harap dosen Fakultas Sains dan Teknologi (FST).

Pada kesempatan yang sama, pihak Google Indonesia menjelaskan fungsi masing-masing aplikasi yang tersedia di Google Apps. “Ketika kita mengerjakan tugas kelompok, dengan aplikasi ini bisa dikerjakan dari rumah masing-masing, jadi tidak terkendala dengan hujan ataupun macet,” ujar Pevita dari Google Indonesia.

Selama ini, lanjutnya, Google selalu menluncurkan produk-produk inovatif, termasuk mengadakan kultur kolaborasi dengan UIN Jakarta.

Acara ini dihadiri sejumlah dosen, mahasiswa, pegawai, dan pejabat fakultas. Para peserta pun antusias mengikuti acara tersebut. “Selain mendapat wawasan baru, juga dapat mengenal aplikasi baru, sehingga lebih mudah mengelola data dengan apilkasi dari Google ini,” ujar Arip Saripudin, staf IT Fakultas Dirasat Islamiyah. (Muhammad Furqon)